Latar Belakang
Hak untuk mendapatkan pendidikan bagi seluruh warga negara telah diamanatkan oleh konstitusi. Hak setiap warga negara untuk mendapatkan pendidikan, diikuti dengan ketentuan pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta ahlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana tercantum pada Undang-Undang Dasar Tahun 1945. Selanjutnya Penjelasan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa memberdayakan semua warga negara Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. Dalam pelaksanaan pembangunan nasional, pendidikan merupakan salah satu komponen strategis yang menjadi kunci keberhasilan pembangunan bidang lainnya. Pembangunan bidang pendidikan dapat ditempatkan sebagai investasi jangka panjang pembangunan sumber daya manusia untuk mencapai kesejahteraan masyarakat. Pendidikan dapat digunakan sebagai panacea untuk mengatasi berbagai akar permasalahan sesungguhnya dalam pembangunan bidang lainnya di masyarakat. Sementara itu dalam proses pelaksanaan pembangunan bidang pendidikan di Kabupaten Blora, masih terdapat beberapa permasalahan dan hambatan untuk mencapai target sesuai dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan. Permasalahan dan hambatan tersebut secara umum berkaitan dengan perluasan dan pemerataan akses pendidikan, peningkatan mutu pendidikan, dan penguatan tata kelola pendidikan. Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2016 – 2021, Bupati Blora telah menetapkan salah satu program unggulan untuk pembangunan bidang pendidikan adalah Program Beasiswa Prestasi Pendidikan Tinggi bagi masyarakat yang berprestasi dari keluarga tidak mampu. Program Beasiswa Prestasi Pendidikan Tinggi ini merupakan salah satu wujud nyata Pemerintah Kabupaten Blora terhadap perluasan dan pemerataan akses pendidikan menengah bagi masyarakat di Kabupaten Blora, khususnya bagi masyarakat berprestasi yang berasal dari keluarga tidak mampu. Program ini juga menunjukkan keberpihakan pemerintah kabupaten untuk dapat memberikan akses pendidikan bagi seluruh masyarakat dimana masyarakat dari keluarga tidak mampu sering kehilangan haknya untuk dapat mengakses pendidikan sampai dengan jenjang pendidikan tinggi.

Persyaratan Penerima Beasiswa dan Kuota
Kriteria Calon Penerima Beasiswa
Kriteria calon penerima beasiswa adalah sebagai berikut ini :
1. Calon penerima beasiswa adalah peserta didik dan/atau lulusan SMA atau yang sederajat yang dibuktikan dengan Ijazah dan/atau surat keterangan lulus.
2. Tidak sedang menerima beasiswa atau Program sejenis dari pihak lain.
3. Calon penerima beasiswa merupakan penduduk Kabupaten Blora yang dibuktikan dengan kartu tanda penduduk dan kartu keluarga yang diterbitkan oleh pejabat yang berwenang.
4. Calon penerima beasiswa berasal dari keluarga tidak mampu yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Tidak Mampu yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang.
5. Surat Keterangan Tidak Mampu sebagaimana dimaksud pada angka 4 adalah Surat Keterangan Tidak Mampu yang diterbitkan oleh Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DINSOS PPKB) Kabupaten Blora.
6. Calon penerima beasiswa adalah peserta didik berprestasi yang dibuktikan dengan memenuhi salah satu atau lebih ketentuan berikut ini:
a. Telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi pada Program Sarjana (S1), atau Program Diploma (D-IV) (persyaratan ini wajib dipenuhi)
b. Juara 1 (satu) sampai dengan 3 (tiga) kejuaraan Akademik Tingkat provinsi, nasional, atau internasional.
c. Peringkat 1 (satu ) sampai dengan 10 (sepuluh) pararalel pada tiap program atau kompetensi keahlian.

Kuota Beasiswa
Kuota Penerima Beasiswa Prestasi Pendidikan Tinggi Tahun Anggaran 2019 ditetapkan sebanyak 20 orang. Dengan rincian kuota masing-masing PTN sesuai dengan jumlah mahasiswa yang dinyatakan diterima pada masing-masing PTN.