Pelatihan Asesor (PKG) 2019

Kegiatan Pelatihan Asesor PKG dibuka pada hari ini, Senin tanggal 1 April 2019 bertempat di Aula A Dinas Pendidikan Blora.

Dalam sambutannya Plt. Kepala Dinas Pendidikan Blora, Drs. Sugiyanto, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan PKG ini sangat diperlukan untuk penilaian Angka Kredit. Karena guru adalah Profesional maka guru harus melaksanakan TUPOKSI nya mulai dari menyusun perencanaan, melaksanakan KBM, mengevaluasi dan melaksanakan tugas tambahan. Lebih lanjut beliau mengatakan “Kita harus jujur, maka pada waktu mengajukan datapun harus valid, realible dan dapat dipertanggungjawabkan. Jangan ada rekayasa data”.
Pada kesempatan itu pula Plt. Kepala Dinas banyak menyinggung masalah pengelolaan dana BOS. Dinas Pendidikan Kabupaten Blora telah menyiapkan aplikasi “SIAP BOS” untuk melakukan kejujuran. Laporan keuangan BOS menggunakan aplikasi online yang semuanya bisa membuka. Pengelolaan BOS harus sesuai dengan RAKS (Rencana Anggaran Kegiatan Sekolah).

Dalam laporannya, Ketua Panitia Penyelenggara, Endang Rukmiati, S.Pd, M.Pd. ( Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan), menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah :

  1. Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang penilaian kinerja guru sesuai dengan ketentuan yang berlaku
  2. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan peserta dalam pelaksanaan PKG dan penyusunan DUPAK Guru, serta SKP Guru sehingga memperlancar peningkatan karir guru, terutama untuk memenuhi persyaratan Kenaikan Pangkat.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini diikuti oleh Kepala Sekolah dan Guru SD/TK Negeri di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Blora sebanyak 450 orang. Narasumber yang akan menyampaikan materi Pelatihan Asesor PKG ini adalah para Tim Penilai Angka Kredit Guru dari Kabupaten Blora sebanyak 7 orang. Dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan asesor PKG dilaksanakan selama tiga hari, dimulai pada hari Senin, 1 April 2019 sampai dengan hari Kamis, tanggal 18 April 2019 yang bertempat di Aula A dan Aula B Dinas Pendidikan Kabupaten Blora.

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*