KaDisdik Pimpin Study Banding PPDB Zonasi ke Disdik Kota Semarang

DISDIK BLORA – Untuk lebih memberikan wawasan terhadap regulasi zonasi pada Penerimaan Peserta Didik BaruTahun Ajaran 2018/2019, Dinas Pendidikan Kabupaten Blora beserta Pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah jenjang SMP pada Kamis (25/1/18) telah melaksanakan kegiatan study banding ke Dinas Pendidikan Kota Semarang. Rombongan dipimpin langsung oleh Kepala Dinas, Drs.Achmad Wardoyo, M.Pd.

Tim study banding Blora diterima langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Drs. Bunyamin, M.Pd di aula Disdik Kota Semarang didampingi Kabid SD, Kabid SMP dan Sekretaris Disdik Kota Semarang.

“Penerimaan Peserta Didik Kota Semarang dari Jenjang TK, SD dan SMP sudah semua dilaksanakan secara online,” jelas Pak Bunyamin.

Disampaikan oleh Ka Disdik Blora, bahwa kunjungan kali ini difokuskan pada upaya melihat regulasi PPDB Kota Semarang dikaitkan dengan sistem zonasi PPDB sebagaimana diatur dalam Pasal 15-17 Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, sekolah menengah kejuruan, atau bentuk lain yang sederajat.

Dalam paparan teknis regulasi PPD oleh Kepala Bidang SD sekaligus Sekretris Penerimaan Peserta Didik Kota Semarang dijelaskan bahwa untuk Kota Semarang ada 3 regulasi yang mengatur Penerimaan Peserta Didik Baru, yaitu Peraturan Walikota, Keputusan Walikota dan Keputusan Kepala Disdik.

Dijelaskan lebih lanjut, untuk Peraturan Walikota mengatur Sistem dan Tata Cara Penerimaan Peserta Didik. Keputusan Walikota mengatur Penetapan Zonasi, Daya Tampung, Penetapan Tambahan Penilaian dan Rumus Perhitungan Nilai Akhir Seleksi. Adapun untuk Keputusan Kepala Dinas Pendidikan mengatur Jadwal, Lingkungan Sekolah, Alur Pengesahan Piagam Prestasi dan Seragam Sekolah.

Acara dilanjutkan dengan forum tanya jawab yang dipandu langsung oleh Ka Disdik Kota Semarang terkait permasalahan dan kendala yang dihadapi baik teknis maupun non teknis selama penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru di Kota Semarang.

Sumber : Sekretariat-Sub Bagian Program

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*