Bupati Blora : Saya tidak ingin guru di Kabupaten Blora menolak Uji Kompetensi Guru !

DISDIK BLORA – Sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dan tenaga kependidikan, Dinas Pendidikan Kabupaten Blora telah melaksanakan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten  Blora, Drs.Achmad Wardoyo, M.Pd melalui Kepala Bidang GTK Endang Rukmiati, S.Pd, M.Pd menjelaskan bahwa Program PKB di Blora dilaksanakan melalui 2 skema, yaitu melalui bantuan dana stimulan dari P4TK Kemdikbud RI dan Swadaya atau Mandiri.

“Kita patut bersyukur dan berbangga bahwa pada saat ini sudah punya Peraturan Bupati Blora Nomor 25 Tahun 2016 yang memberikan landasan legal dan penguatan bagi program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan,” tuturnya.

     Daftar Rekap Guru Sasaran PKB 2017

“Sekarang sudah tidak ada alasan lagi bagi guru harus menunggu kucuran dana dari pemerintah untuk mengembangkan profesinya, mereka sudah bisa melaksanakannya secara mandiri dan swadaya dengan menyisihkan tunjangan profesinya, “ jelas bu Endang.

                   Suasana aktivitas PKB

Dalam kesempatan terpisah Kasi PGTK, Christine Natalia VM, SH memberikan penjelasan tentang berbagai rangkaian kegiatan PKB di Blora. Dijelaskan olehnya bu Lia bahwa Kemdikbud melalui P4TK telah melaksanakan beberapa kegiatan terkait Program PKB ini, yaitu : Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Ketua Komunitas Mata Pelajaran (MGMP), Pemberian dana stimulan untuk operasional pelaksanaan PKB, Penetapan kuota peserta PKB, Penunjukan sekolah sebagai Pusat Belajar dan sekolah sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK).

Sebagai puncak dari pelaksanaan Program PKB ini pada Sabtu, 4 Nopember 2017 yang lalu, Dinas Pendidikan Kabupaten Blora mengundang Dr. Maria Widiani, MA dari Direktorat GTK Kemdikbud RI untuk hadir dalam Seminar Sehari bertemakan “Revitalisasi KKG, MGMP untuk Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Implementasi Peraturan Bupati Blora Nomor 25 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blora”

Seminar pendidikan ini disambut dengan sangat antusias oleh para Guru di Kabupaten Blora, dari jenjang PAUD, SD dan SMP. Total jumlah yang hadir dan memenuhi Pendopo rumah dinas Bupati Blora beserta tamu undangan sebanyak 1.850 orang. Tamu undangan yang hadir dari Komisi D DPRD Kabupaten Blora, Bappeda, Inspektorat, Dewan Pendidikan, BPPKAD, Ka UPT TK/SD se Kab.Blora dan Perwakilan SMA/SMK.

       Kemeriahan Acara Seminar PKB

Acara ini dihadiri langsung juga oleh Bupati Blora, H.Djoko Nugroho yang turut memotivasi dan memberikan semangat kepada para Guru dan Tenaga Kependidikan di Kabupaten Blora untuk terus mengembangkan keprofesiannya dan meningkatkan kompetensinya guna mewujudkan peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Blora. Dalam salah satu penegasannya Bupati Blora menyampaikan peringatan kepada para guru di Kabupaten Blora untuk tetap mengikuti program UKG.

“Saya tidak ingin guru di Kabupaten Blora ini menolak Uji Kompetensi Guru !,” tegasnya.

Ratusan hadirin yang mengikuti rangkaian acarapun serempak menyampaikan kesiapannya mengikuti setiap program Pemerintah, termasuk Uji Kompetensi Guru.

Dalam kesempatan ini pula Bapak Bupati Blora memberikan apresiasi terhadap guru2 yang memperoleh penghargaan di event Nasional pada ajang Inobel, Mobile Kihajar dan Gupres.

Sumber : Bidang GTK

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*