Bupati Blora Buka Gebyar Budaya Komunitas Adat Samin Tahun 2017

DISDIK BLORA : pada Selasa 21 Nopember 2017 yang lalu Sekretaris Disdik Drs. Sugiyanto, M.Si mewakili KaDisdik didamping Kasi Dikmas Priyadi, SE, MM telah menghadiri acara Gebyar Budaya Komunitas Adat Samin Tahun 2017 di Dukuh Blimbing Desa Sambongrejo Kecamatan Sambong.

Sekdin didampingi Kasi Dikmas pada pembukaan acara

Acara ini sendiri difasilitasi dan diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Paud dan Dikmas (P3D) Jawa Tengah. Dijelaskan Kepala P3D Djayeng Baskoro bahwa Pemerintah Jawa Tengah sangat mendukung pengembangan literasi budaya dan teknologi di komunitas adat Samin Dukuh Blimbing, Sambongrejo ini.

“Komunitas Samin Blimbing ini mungkin satu-satunya komunitas adat yang sudah mengenal jaringan internet di Indonesia,” sambungnya.

Harapannya fasilitas ini bisa menunjang kemajuan pendidikan dan iptek bagi kalangan adat Samin. Kedepannya kampung komunitas adat Samin Dukuh Blimbing bisa menjadi destinasi wisata di Jawa Tengah dengan keunikan dan kearifan didukung dengan kemajuan tekologi.

Dalam gebyar ini juga dimeriahkan dengan lomba kotekan lesung, membatik massal yang diikuti oleh 100 anak-anak, lomba parikan jawa, sarasehan budaya dan lainnya.

Bupati Blora Djoko Nugroho didampingi Kepala P3D Jawa Tengah dan Tokoh Samin Pramugi Prawiro Wijoyo membuka secara resmi acara Gebyar. Dalam sambutan pembukaan dan pengarahannya mengatakan bahwa Komunitas adat Sedulur Sikep (Samin) disini merupakan aset pelestarian budaya lokal, sehingga perlu dikembangkan sesuai dengan kemajuan teknologi dengan tanpa meninggalkan budaya aslinya. Bupati sangat mengapresiasi kepada sedulur sikep yang ada di Sambongrejo ini, yang ternyata sudah melek literasi dan teknologinya. Mengikuti kemajuan tanpa meninggalkan tradisi yang sudah ada.

Dijelaskan oleh Kasi Dikmas Disdik Blora, bahwa tindak lanjut dari acara ini P3D Jateng akan mengadakan kegiatan studybanding dengan mengajak perwakilan Sedulur Sikep Sambongrejo ini untuk berkunjung ke suku Osing Banyuwangi.

Sumber : Bidang PAUD & DIKMAS-Seksi Dikmas

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*