500 Guru Hadiri Seminar Pendidikan Tahun 2017

DISDIK BLORA-Pendidikan yang berkualitas berkorelasi dengan daya saing sebuah bangsa karena pendidikan adalah tonggak dari perkembangan sebuah bangsa. Salah satu elemen penting dalam pendidikan adalah guru. Guru merupakan seorang pendidik yang memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan pendidikan. Dalam proses pendidikan yang merupakan titik sentral dari pelaksanaan pendidikan, sudah tentu akan lebih banyak terkait dengan guru yang juga sebagai subjek pendidikan untuk memberikan andil yang cukup besar terhadap peningkatan mutu pendidikan. Dengan begitu, maka adanya keterkaitan yang sangat erat antara guru dengan proses pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan.

Melatar belakangi hal-hal tersebut dan mengingat pentingnya profesionalitas peran guru dalam peningkatan mutu pendidikan, Dinas Pendidikan Kabupaten Blora bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora pada Selasa (28/11) yang lalu telah menyelenggarakan Seminar Nasional Pendidikan dalam rangka Memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2017.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora melalui Sekretaris Dinas, Drs. Sugiyanto, M.Si mengatakan bahwa tujuan dari diselenggarakannya seminar semaca ini adalah Sharing informasi tentang berbagai persoalan yang berhubungan dengan isu-isu aktual ihwal pengajaran dan dunia pendidikan, meng-update berbagai informasi untuk meningkatkan kualitas pengajaran guna mewujudkan kualitas pendidikan yang lebih baik dan Shilaturrahmi antar seluruh stake holder pendidikan.

Sementara itu Kasubbag Program pada Sekretaris Dinas Pendidikan, Yusuf Fitri, S.IP menyampaikan informasi bahwa tema seminar yang diambil adalah “Menjadi Sosok Guru Idola Di Era Milenia” dalam seminar ini pihaknya menghadirkan narasumber nasional, seorang praktisi dan konsultan pendidikan sekaligus pendiri dan pemilik School of Human Munif Chatib. Dan untuk gayengnya acara dihadirkan juga moderator sarat pengalaman dari Harian Suara Merdeka Agus Fatiudin Yusuf

Acara yang dihadiri oleh 500 orang guru dan pengawas dari jenjang PAUD, SD dan SMP ini dibuka secara resmi oleh Bupati Blora, Djoko Nugroho. Dalam sambutannya, beliau menyambut baik dan mendukung tema kegiatan seminar pendidikan hari ini.

“Bapak Ibu Guru akan diajak bagaimana menjadi sosok guru idola yang bisa menginspirasi, menggerakkan dan meneladani serta  dapat lebih memahami kondisi anak-anak di era milenia seperti sekarang ini,” jelas Bupati.

Ditegaskan lagi oleh beliau bahwa seorang guru harus mampu mendorong untuk memulai suatu perubahan kearah yang lebih baik. Seorang guru harus bisa membangkitkan semangat para peserta didik dan lingkungannya. Dan seorang guru harus menjadi teladan yang bisa digugu dan ditiru.

“Kita semua  mencintai para guru, mencintai profesi guru, kita semua berterima kasih atas segala pengabdian para guru yang mengantarkan kita menapaki masa depan menuju cita-cita kita,” tegas Bupati seraya disambut tepuk meriah dari para peserta seminar.

Dalam sesion paparan seminar, Munif Chatib menyampaikan bahwa profesi guru adalah profesi yang akan selalu ada sampai akhir zaman. Sehingga seorang guru harus jadi sosok yang cerdas dan berkarakter sehingga bisa menjadi idola anak didiknya.

“Guru di Indonesia sebenarnya tidak kalah dengan guru-guru di negara lain, hanya yang perlu ditingkatkan adalah tehnik dan metode mengajarnya,” kata pak Munif.

Sumber : Sekretariat-Sub Bagian Program

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*