Wabup Blora Membuka Rakor Pendidikan Dasar, Paud dan Dikmas Tahun 2017

DISDIK BLORA-Menjelang tutup Tahun 2017, Dinas Pendidikan Kabupaten Blora melalui Kegiatan Pelaksanaan Evaluasi Hasil Kinerja Bidang Pendidikan telah menyelenggarakan Rakor Pembangunan Bidang Pendidikan Dasar, Pendidikan PAUD dan Dikmas Kabupaten Blora Tahun 2017.

Berbeda dengan pelaksanaan rakor pendidikan tahun-tahun sebelumnya, untuk tahun 2017 ini kegiatan diselenggarakan di Hotel Arra Amandaru, Jl. Raya Cepu – Randublatung Km.2, Mulyorejo-Cepu Kabupaten Blora.

Hadir dalam pembukaan rakor Wakil Bupati Blora, H.Arief Rohman, S.IP, M.Si didampingi oleh Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra Setda Kabupaten Blora, Slamet Pamudji, SH, M.Hum. Turut hadir memenuhi undangan beberapa Kepala Perangkat Daerah terkait, Dewan Pendidikan, PGRI dan  organisasi pendidikan lainnya.

Dalam laporan penyelenggaraannya, Kepala Dinas Pendidikan Drs.Achmad Wardoyo, M.Pd menyampaikan bahwa Rakor Pendidikan Tahun 2017 ini akan dilaksanakan selama 2 hari kerja, 20-21 Desember 2019. Rakor diikuti oleh 208 peserta, yang berasal dari UPT TK/SD, Pengawas, Perwakilan K3S-SD, Kepala SKB, Kepala SMP Negeri/Swasta, Perwakilan Himpaudi, IGTKI, PKBM dan LKP.

Dalam penjelasannya, Kadinas menyampaikan bahwa setidaknya ada 4 tujuan utama dari diselenggarakannya rokor ini, yaitu

Pertama, upaya meningkatkan Koordinasi guna optimalisasi pembangunan pendidikan dasar, paud dan dikmas di Kabupaten Blora;

Kedua, sebagai evaluasi penyelenggaraan bidang pendidikan dasar, paud dan dikmas Kabupaten Blora Tahun 2017;

Ketiga, ajang sosialisasi program dan kegiatan bidang pendidikan dasar, paud dan dikmas Blora Tahun 2018;

Keempat, upaya menjaring masukan dari semua pengampu bidang pendidikan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pendidikan Dasar, PAUD dan Dikmas Tahun Anggaran 2019.

“Melalui rakor pendidikan semacam ini kita berupaya mewujudkan harmonisasi dan sinkronisasi perencanaan program pendidikan di Kabupaten Blora,” harap Kadisdik yang disambut tepuk antusias peserta rakor.

Wabup Blora dalam sambutan mewakili Bupati Blora menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Blora beserta pihak-pihak yang telah mempersiapkan pelaksanaan kegiatan ini,  demikian juga  apresiasi yang tinggi terhadap antusias yang luar biasa dari para peserta Rakor yang hadir.

Dijelaskan Wabup bahwa bahwa peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu prioritas utama pembangunan pendidikan di Kabupaten Blora. Peningkatan mutu pada hakikatnya merupakan upaya perubahan. Oleh karena itu, proses perubahan dalam peningkatan mutu pendidikan adalah suatu keharusan dan keniscayaan. Tanpa ada proses perubahan tidak ada mutu pendidikan. Mutu pendidikan adalah hasil proses perubahan. Dengan demikian, proses prubahan menjadi sangat penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan.

Ditegaskan oleh Wabup bahwa peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di Blora merupakan tanggung jawab semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat. Hal ini sesuai dengan apa yang tertuang dalam undang-undang sistem kependidikan nasional bahwa tugas untuk menyukseskan program pencerdasan kehidupan bangsa melalui Kementerian Pendidikan bukanlah hanya tugas pemerintah semata, tetapi tugas itu adalah tugas bersama antara pemerintah dan masyarakat guna menjadikan anak bangsa menjadi insan-insan yang cerdas dan memiliki wawasan yang luas akan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dalam kata terakhir sambutannya, Wabup Arief Rohman menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya Kepada semua pihak yang telah berjuang mencurahkan segala perhatiannya untuk pembangunan bidang pendidikan, terutama para pendidik dan tenaga kependidikan serta para tokoh masyarakat yang secara tulus telah mengabdikan diri dan tidak mengenal lelah dalam memberikan layanan pendidikan kepada masyarakat Kabupaten Blora.

Seusai acara pembukaan selanjutnya Ketua Pelaksana Rakor,  Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Drs. Sugiyanto, M.Si didamping Kasubbag Program Yusuf Fitri, S.IP menyampaikan pengarahan program rakor untuk hari pertama dan kedua.

Pada hari pertama, Rabu 20 Desember 2017 secara berturut-turut narasumber menyampaikan paparannya kepada para peserta rakor.

Tampil pertama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Drs.Achmad Wardoyo, M.Pd dengan materi paparan EVALUASI DAN HASIL-HASIL KEBIJAKAN PEMBANGUNAN PENDIDIKAN DASAR, PAUD DAN DIKMAS DI KABUPATEN BLORA TAHUN 2017

Tampil kedua, Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Khusus Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Dr.Padmaningrum, SH, M.Pd membawakan materi Kebijakan Program Fasilitasi PAUD-DIKMAS dan DIKDAS di Jateng Tahun 2018.

Selanjutnya tampil secara pleno dengan moderator Kepala Bidang GTK, Dra. Endang Rukmiati, M.Pd secara berturut-turut : Kepala Bidang Akuntansi dan Pelaporan BPPKAD Kabupaten Blora, Susi Widyorini, SE, MM, Akt dengan materi Kebijakan Penatausahaan Keuangan Daerah Tahun Anggaran 2018. Dilanjutkan Kepala Sub Bidang Pendidikan dan Kesra Bappeda Kabupaten Blora, Drs. Bambang Soegiyatno, MM dengan Materi Capaian Kinerja Pembangunan Bidang Pendidikan. Dan tampil terakhir narasumber dari Inspektorat Kabupaten Blora, Auditor Madya Eko Purwant, SE, MM dengan materi Evaluasi Penyelenggaraan Pengawasan Pembangunan Bidang Pendidikan di Kabupaten Blora Tahun 2017.

Untuk pelaksanaan hari kedua, Kamis 21 Desember 2017 Rapat Koordinasi dilaksanakan dengan format Rembuk Pendidikan berupa diskusi pendidikan yang difasilitatori oleh Pejabat Struktural di laingkungan Dinas Pendidikan.

Ruang Sidang Utama di lantai 1 diikuti oleh Kepala SMP Negeri/Swasta dan Pengawas SMP dipimpin langsung Sekretaris Dinas.

Ruang Sidang Dua di lantai 1 diikuti oleh Kepala UPT TK/SD, Pengawas dan K3S-SD dipimpin Kepala Bidang Pembinaan Dikdas.

Dan Ruang Sidang Tiga di lantai 1 diikuti oleh Pengawas TK, Himpaudi, IGTKI, LKP dan PKBM dipimpin oleh Kepala Bidang PAUD-DIKMAS.

Selanjutnya hasil-hasil rembuk pendidikan yang dihasilkan dari diskusi dipaparkan oleh masing-masing Ketua Perwakilan menjelang penutupan rakor pendidikan sebagai bahan evaluasi tahun 2017, pandangan tahun 2018 dan perencanaan pembangunan tahun 2019.

Sumber : Sekretariat-Sub Bagian Program

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*