Upat-Upat Bumi Jadi Tempat Inspirasi Perguruan Tinggi

Setelah ITB dalam rangka Hardiknas, kini Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga mengunjungi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Upat-Upat Bumi di Desa Dalangan, Kecamatan Todanan, Blora, Sabtu (04/05). Dalam kunjungan tersebut, UKSW membawa beberapa siswa SMP dan juga beberapa Dosen.

Dalam sambutannya, Supat selaku ketua Lembaga Upat-Upat Bumi mengucapkan banyak terimakasih atas kunjungan tersebut,” saya ucapkan banyak terimakasih kepada UKSW yang senantiasa berkenan berkunjung di PKBM ini,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa basic dari PKBMnya tersebut adalah pendidikan non formal yang mengadopsi anak-anak komunitas dan anak-anak putus sekolah dari keluarga kurang mampu dari masyarakat sekitar.

“Dan Alhamdulillah teman-teman semua saat ini sudah bisa mandiri semua dengan berbagai keterampilan yang mereka miliki,” beber Mbah Supat sapaan akrabnya.

Pria tiga orang itu juga, sedikit menjelaskan tentang perjalanan dalam mendirikan lembaga tersebut.

“Jadi lembaga yang berdiri pada tanggal 01 Oktober 2008, awalnya banyak orang yang mentertawakan saya, dengan alasan latar belakan saya yang hanya tamatan SMP. Namu saya tidak patah semangat, untuk mendapatkan legalitas ini saja saya harus naik sepeda motor ke Jakarta. Karena pada saat itu tidak ada respon dari Pemda,” cerita Mbah Supat.

“Dan Alhamdulillah, setelah legalitas turun sedikit demi sedikit lembaga ini bisa berkembang seperti ini,” ungkapnya.

Sementara itu, perwakilan dari UKSW Emi mengatakan bahwa tujuan utama yang dilakukan pihaknya tidak lain adalah untuk memberikan edukasi kepada para siswa agar tetap semangat dalam menuntut ilmu.

“Mbah Supat ini adalah contoh yang patut kita tiru dalam gigihnya menuntut ilmu yang tidak memperdulikan latar belakangnya seperti apa. Bahwa hidup itu harus berkembang dan terus berkembang,” tuturnya.

“Maka, kunjungan ini, saya berharap para siswa belajar sungguh-sunguh dalam menuntut ilmu. Dan saya yakin pemerintah daerah nanti akan mendukung pendidikan non formal ini,” harapnya.

Dari pantauan di lapangan, usai acara sambutan dilangsungkan dengan acara ramah tamah dan makan siang. Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian cindra mata dari pihak UKSW ke PKBM Upat-Upat Bumi yang diterima langsung oleh Mbah Supat.(spr)

Sumber :
https://www.nasionalxpos.co.id/2019/05/upat-upat-bumi-jadi-tempat-inspirasi-perguruan-tinggi.html

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*