Pelaksanaan Upacara HARKITNAS Tahun 2019

Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke 111, Dinas Pendidikan Kabupaten Blora melaksanakan upacara bendera yang diikuti oleh Pasukan OPD, para siswa dan seluruh staff Dinas Pendidikan Blora. Upacara yang berlangsung hikmad tersebut bertempat di halaman Dinas Pendidikan Blora dengan Inspektur Upacara Kepala Kantor Diskominfo Blora Bapak Drs. Sugiyono, M.Si

Dalam upacara tersebut, Kepala Diskominfo Blora membacakan sambutan dari menteri komunikasi dan Informatika Bapak Rudiantara dimana dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional kali ini mengusung tema “INDONESIA BANGKIT, INDONESIA BERSATU”. Sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara yang dibacakan oleh Kepala Diskominfo Blora Bapak Drs. Sugiyono, M.Si Dalam naskah Sumpah Palapa yang ditemukan pada Kitab Pararaton tertulis: Sira Gajah Madapatih Amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, sira Gajah Mada: “Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, Tañjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samanaisun amukti palapa”.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional kali ini juga dilangsungkan dalam suasana bulan Ramadan. Bagi umat muslim, bulan suci ini menuntun kita untuk mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dibenci Allah SWT seperti permusuhan dan kebencian, apalagi penyebaran kebohongan dan fitnah. Hingga pada akhirnya, pada ujung bulan Ramadan nanti, kita bisa seperti Mahapatih Gadjah Mada, mengakhiri puasa dengan hati dan lingkungan yang bersih berkat hubungan yang kembali fitri dengan saudara-saudara di sekitar kita.

Dengan bertumpu pada kekuatan jumlah sumber daya manusia dan populasi pasar, Indonesia diproyeksikan akan segera menjemput harkat dan martabat baru dalam aras ekonomi dunia. Bersama negara-negara besar lainnya seperti Tiongkok, Amerika Serikat, India, ekonomi Indonesia akan tumbuh menjadi sepuluh besar, bahkan lima besar dunia, dalam 10 sampai 30 tahun mendatang.Kuncinya terletak pada hasrat kita untuk tetap menjaga momentum dan iklim yang tenang untuk bekerja. Kita harus jaga agar suasana selalu kondusif penuh harmoni dan persatuan.

Upacara berjalan tertib, aman dan lancar dalam bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Kemudian acara dilanjutkan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Wira Bhakti Blora pukul 08.30.


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*