Pembukaan Bimbingan Teknis Program Induksi Guru Pemula Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Tahun 2019

DISDIK BLORA-Selasa 28 Mei 2019, Dinas Pendidikan Kabupaten Blora mengadakan Bimbingan Teknis Program Induksi Guru Pemula yang bertempat di Gedung Aula SKB Blora. Acara dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Bapak Hendi Purnomo, S.STP, MA dengan didampingi Sekretaris Ibu Endang Rukmiati, M.Pd dan Kabid GTK Bapak Sujianto, SE. Jumlah peserta sebanyak 323 orang, yang semuanya adalah guru jenjang SD yang baru diangkat sebagai CPNS. Untuk menduduki jabatan fungsional guru, salah satu syarat diantaranya harus memiliki sertifikat induksi guru pemula. Mereka dibimbing oleh seorang mentor yaitu pengawas dan Kepala Sekolah agar memiliki kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru profesional sesuai dengan tupoksinya.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora mengatakan, “Mari bersama-sama meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Blora. Jika nanti Bapak/Ibu Guru telah menyelesaikan program ini dan memperoleh nilai minimal kategori baik maka Dinas Pendidikan Kabupaten Blora akan menerbitkan sertifikat yang nantinya akan menjadi salah satu syarat pengangkatan dalam jabatan fungsional guru. Perlu Kami sampaikan kepada Bapak/Ibu guru yang CPNS ini harus disyukuri, proses Bapak/Ibu Guru semua mungkin ada yang GTT, K2 diangkat CPNS. Bagaimana cara bersyukur, maka harus melaksanakan suatu tanggungjawab dengan rasa penuh tanggungjawab. Keberhasilan suatu pendidikan menjadi tugas Kita para insan pendidik. Masih banyak rekan-rekan Kita belum beruntung/berhasil. Oleh karena itu, Bapak/Ibu yang sudah terpilih jadi CPNS melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Perlu Kami ingatkan juga Bapak/Ibu yang CPNS ini jangan sampai melakukan deviasi atau kesalahan. Biarpun jadi PNS harapan Kami juga jangan melakukan kesalahan, tetapi dalam CPNS itu mudah sekali diproses sanksinya.

Selanjutnya Bapak Kepala Dinas berpesan Kepada peserta terkait dengan kegiatan ini, yang pertama ikuti kegiatan Bimbingan Teknis ini dengan baik dan bersemangat. Yang kedua mematuhi dan ikuti petunjuk pembimbing Kepala Sekolah/pengawas dalam rangka pembimbingan sesuai regulasi yang ada. Sehingga kelak akan menjadi guru atau pendidik yang profesional. Dan loyalitas untuk Bapak/ibu guru untuk tetap di jaga. Dinas Pendidikan berharap dan menantikan Bapak/ibu guru lewat program induksi ini bisa bisa lebih mewarnai dunia pendidikan di kabupaten Blora, Ungkap Bapak Kepala Dinas Pendidikan Blora.

Memenuhi amanat Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2010 tentang Program Induksi Bagi Guru Pemula, yaitu program bagi Guru CPNS yang harus dilaksanakan dengan tujuan untuk membimbing Guru Pemula sehingga dapat beradaptasi dengan iklim kerja dan budaya pada sekolah/madrasah serta melaksanakan pekerjaannya sebagai guru profesional.

Mengikuti Program Induksi Guru Pemula ini merupakan salah satu syarat untuk pengangkatan pertama kali dalam jabatan Fungsional Guru. Dalam hal ini Dinas Pendidikan berkewajiban memberikan bimbingan teknis dalam pelaksanaan program ini.

Tujuan dari Bimbingan Teknis Program Induksi Guru Pemula ini adalah memberikan bekal teknis yang terkait dengan pelaksanaan Program Induksi Guru Pemula disekolah masing-masing nantinya. Sehingga para guru Pemula atau CPNS mendapatkan gambaran secara teknis apa yang akan dilakukan dan apa yang harus dilakukan serta mendapatkan hasil maksimal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*