PENINGKATAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KOMPETENSI DASAR PENCATATAN TRANSAKSI MATA PELAJARAN AKUNTANSI DENGAN METODE RESITASI PRAPEMBELAJARAN

ABSTRAK
Latar belakang dari penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar dan kurangnya motivasi peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Blora pada materi persamaan akuntansi kompetensi dasar Pencatatan Transaksi. Peserta didik belum menunjukkan konsentrasi dan penyikapan yang positif terhadap pembelajaran Akuntansi baik dalam kegiatan individu maupun kelompok. Hasil ulangan yang diperoleh dengan skala penilaian 0–100 peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75 adalah 51,73% dengan nilai rata-rata kelas 74,33. Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan: ”Peningkatan Hasil dan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Kompetensi Dasar Pencatatan Transaksi Mata Pelajaran Akuntansi dengan Metode Resitasi Prapembelajaran” Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil dan aktivitas belajar Akuntansi melalui Metode Resitasi Pra-pembelajaran pada peserta didik kelas XI IPS 2 melalui kegiatan penelitian tindakan kelas. Waktu penelitian dilaksanakan pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan mengambil tempat di SMA Negeri 1 Blora dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS-2. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelasdalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan tindakan, melaksanakan tindakan, melakukan pengamatan dan merefleksi hasil tindakan. Pengumpulan data dengan teknik tes dan dianalisis dengan analisis deskriptif komparatif dilanjutkan dengan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah kegiatan pembelajaran Akuntansi melalui Metode Resitasi Pra-pembelajaran di kelas ternyata hasil dan aktivitas belajarnya mengalami peningkatan baik rerata nilai maupun ketuntasannya. Berdasarkan kondisi awal prasiklus dengan KKM 75, dari 29 peserta didik yang tuntas 51,73% dengan rerata 74,70. Setelah melalui tindakan pada siklus I dari 28 peserta didik yang tuntas 78,57% dengan rerata 83,23 dan pada siklus II ketuntasannya 92,86% dengan rerata 89,23.

Oleh : Djoko Santoso, SMA Negeri 1 BLORA
Dimuat di Wiyata Mustika Edisi 1|2013

Kata kunci: metode resitasi, prapembelajaran, aktivitas belajar, hasil belajar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*