PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS HURUF JAWA MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI PIT-KPE BAGI SISWA KELAS VII.3 SMP N 2 BLORA

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya nilai keterampilan menulis huruf Jawa siswa kelas VII.3. Hal ini disebabkan karena siswa tidak hafal huruf Jawa dan juga karena dalam pembelajaran guru belum menggunakan strategi yang tepat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui penggunaan strategi PIT-KPE dapat meningkatkan keterampilan menulis huruf Jawa bagi siswa kelas VII.3 SMP 2 Blora? Adakah perubahan tingkah laku yang menyertai kemampuan siswa setelah dilaksanakan pembelajaran menulishuruf Jawa dengan menggunakan strategi PIT-KPE bagi siswa kelas VII.3 SMP 2 Blora pada semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011? Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus Ipembelajaran dilaksanakan di dalam kelas di mana siswa menulis huruf Jawa dengan mengembangkan kata dasar menjadi kata jadian. Sedangkan pada siklus II pembelajaran diadakan di luar kelas dan siswa menulis huruf Jawa dengan mengembangkan kata dasar menjadi kata jadian dan selanjutnya dikembangkan menjadi kalimat atau alinea. Hasil dari penelitian ini adalah adanya peningkatan rata-rata sebesar18,78 % dari kondisi awal 67,13 menjadi 79,74 pada siklus II atau kondisi akhir. Sedangkan ketuntasan belajar mengalami peningkatan sebesar 81,84% dari kondisi awal sebesar 47,83% menjadi 86,96% pada siklus II atau kondisi akhir. Terdapat perubahan tingkah laku yang menyertai kemampuan siswa setelah dilaksanakan pembelajaran menulis huruf Jawa dengan menggunakan strategi PIT-KPE yaitu siswa antusias dan terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga suasana kelas menjadi kondusif yang berdampak meningkatnya keterampilan menulis huruf Jawa siswa.

Oleh: Supriani, SMP Negeri 2 Blora
Dimuat di Wiyata Mustika Edisi 1|2013

Kata Kunci: keterampilan menulis, menulis huruf jawa, strategi PIT-KPE

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*