PENINGKATAN SIKAP, PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PADA MATERI POKOK LOGARITMA MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFICMODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING KELAS X- IPS-4 SMA NEGERI 2 BLORA

ABSTRACT

Pada materi pokok bentuk pangkat dan akar dari 32 peserta didik kelas X-IPS-4 melalui pengamatan sikap belajar dan keterampilan belajar rendah dan pengetahuan belajar 41,94%, ditingkatkan melalui pendekatan scienti c model pembelajaran discovery learning: Tahap 1: Stimulation, Tahap 2: Problem statement, Tahap3: Data collection, Tahap 4 : Data Processing,Tahap 5: Veri cation dan Tahap 6: Generalization. Penelitian Tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan ,(2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) re eksi) dan setiap siklus terdiri tiga pertemuan, dan setiap pertemuan 2 kali 45 menit dengan hasil:(1) sikap belajar meningkat sampai dengan 83.87% , (2) pengetahuan belajar meningkat sampai dengan 83.87% dan (3) keterampilanbelajar meningkat sampai dengan 87.74%


Oleh: Mutakin SMA Negeri 2 Blora
Dimuat di Wiyata Mustika Edisi 1|2013

Kata Kunci: pendekatan scientic, sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*