25 SMP di Kabupaten Blora Mengikuti Simulasi ANBK Gelombang 1

DISDIK-Sebanyak 25 SMP di Kabupaten Blora mengikuti Simulasi ANBK (Asesemen Nasional Berbasis Komputer) Gelombang 1, yang dilaksanakan dari tanggal 1-4 Agustus 2022.

Kepala Seksi Pembinaan SMP Fiqri Hidayat mengatakan,” Tujuan dari simulasi ini untuk melatih kesiapan Proktor dan Teknisi ANBK setiap sekolah, dan mengecek kondisi media ANBK di sekolah dalam persiapan pelaksanaan ANBK. Selain itu juga untuk memastikan aplikasi yang digunakan pada pelaksanaan ANBK dapat berjalan dengan baik”.

“ANBK merupakan salah satu upaya meningkatkan mutu pendidikan yang dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar di sekolah, yang keluarannya nanti disebut Raport Pendidikan Sekolah,” tegasnya.

“Asesmen yang diukur dalam kegiatan ini adalah Literasi Membaca dan Literasi Numerasi, Survei Karakter, serta Survei Lingkungan Belajar,” tambah Fiqri.

Wiwik Sulistyowati Kepala SMPN 1 Cepu mengatakan bahwa Kegiatan Simulasi ANBK di sekolahnya berjalan lancar. Demikian pula di SMPN 7 Blora juga aman terkendali, Endang Sri Wahyuni Kepala SMPN 7 Blora.

Rangkaian kegiatan Asesmen Nasional ini masih banyak tahapan, kedepan ada Gladi Bersih ANBK di Pertengahan bulan September 2022, dan pelaksanaan ANBK jenjang SMP pada tanggal 19-22 September 2022.

Fiqri menambahkan, untuk mendukung pelaksanaan ANBK pihak Dinas Pendidikan telah mengirimkan surat pemberitahuan kepada PLN, Telkom dan pihak-pihak lain untuk tidak mengadakan kegiatan yang dapat menggangu kelancaran kegiatan ANBK.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*