Pelatihan Narasumber Asesmen Kurikulum Merdeka Jenjang SMP Tahun 2023

DISDIK-Dinas Pendidikan Kabupaten Blora melalui Seksi Pembinaan SMP melaksanakan kegiatan Pelatihan Narasumber Asesmen Kurikulum Merdeka di Aula B Dinas Pendidikan, Kamis (19/1/2023)

Kasi Pembinaan SMP, Fiqri Hidayat menjelaskan kegiatan ini merupakan agenda penting untuk meningkatkan kompetensi pengawas sekolah yang tujuan akhirnya adalah meningkatnya mutu pendidikan di Kabupaten Blora.

“Selama ini teman-teman Pengawas, belajar secara mandiri tentang Asesmen dan Pembelajaran dari Modul dan panduan yang dikeluarkan oleh Kementerian. Jadi ini kita hadirkan pembicara dari BBPMP Provinsi Jawa Tengah, untuk menyatukan persepsi tentang Asesmen di Kurikulum Merdeka,” lanjut Fiqri.

Saat dikonfirmasi oleh media, mengapa memilih Pelatihan Asesmen, Fiqri memberikan penjelasan bahwa setelah dilakukan mitigasi, kesulitan dan kebingungan guru dalam melaksanakan Kurikulum Merdeka adalah dalam hal Asesmen, karena guru harus melakukan Asesmen Diagnostic, Asesmen Sumatif, Asesmen Formatif juga penilaian dalam project penguatan Profil Pelajar Pancasila.

“Sekarang guru dituntut untuk melakukan pembelajaran secara berdiferensial, jadi butuh tenaga ekstra dalam hal penilaian”, tegas Fiqri.

“Yang kita latih bukan hanya pengawas yang berada dibawah Dinas Pendidikan saja, teman-teman Pengawas PAI dibawah Kemenag juga Kita ikutkan pelatihan. Jadi nantinya bisa komprehensif sasaran Kita dilapangan, karena seluruh sekolah SMP kita sudah melaksanakan dan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di kelas VII dan sudah berjaan satu semester. Tahun depan Kita juga melaksanakan program Sekolah Penggerak,” lanjut Fiqri.

Peserta kegiatan ini adalah Pengawas SMP dan Pengawas PAI SMP dan dipandu oleh Widyaprada dari BBPMP Provinsi Jawa Tengah Suminarsih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*