Pembekalan Bagi Calon Peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) Jenjang SMP Tahun 2023

DISDIK-Dinas Pendidikan Kabupaten Blora melalui seksi Pembinaan SMP mempunyai program terkait dengan pelayanan memenuhi kebutuhan belajar murid secara langsung, dengan harapan murid mempunyai kesiapan belajar dalam menghadapi Olimpiade Sains Nasional (OSN) Jenjang SMP Tahun 2023.

Pelaksanaan pembekalan bagi calon peserta Olimpiade Sains Nasional Jenjang SMP Tahun 2023 mulai tanggal 20-23 Februari 2023 di Aula SMPN 2 Blora, Aula B dan C Dinas Pendidikan Kabupaten Blora yang dibuka oleh Kepala Dinas, Aunur Rofiq, Senin (20/2/2023).

Dalam laporannya Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar, Titik Umiyati menyampaikan kegiatan ini sebagai wahana kompetisi dalam bidang matematika dan IPS bagi peserta didik atau sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan, khususnya bidang sains yang berazaskan pendidikan karakter.

“Kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam menumbuh kembangkan budaya belajar, kreatifitas dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas,” tegas Titik.

Sasaran pembekalan bagi calon peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang SMP Tahun 2023 adalah peserta didik SMP Bidang Matematika, IPA dan IPS. Adapun jumlah peserta sejumlah 300 terdiri atas 100 peserta mata pelajaran IPS, 100 peserta mata pelajaran IPA, dan 100 peserta mata pelajaran Matematika.

“Selamat dan semangat untuk peserta yang mengikuti pembekalan selama tiga hari. Pada saat bimbingan jaga diri dan kesahatan dengan baik-baik. Berharap semua peserta bisa konsentrasi, agar nantinya pada saat pelaksanaan lomba besok tanggal 15-18 Mei adik-adik semua percaya diri dan hasilnya bagus,” tegas Aunur Rofiq.

Aunur Rofiq juga berharap kepada Bapak / Ibu guru pendamping jangan asal-asalan mendampingi, tetapi harus Bapak / Ibu guru yang membidangi karena kegiatan ini tidak putus sampai disini. Harapannya setelah kegiatan ini selesai, masih ada tindak lanjut belajar di sekolah. Selain itu, Bapak / Ibu Pengawas juga ikut memonitor kegiatan ini.

Selesai pembukaan, dilakukan penyerahan hadiah oleh Kepala Dinas, Aunur Rofiq kepada peserta pada saat sesi tanya jawab dari Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar, Titik Umiyati.

Sebelum pelaksanaan pembekalan, Narasumber mengadakan pree test terlebih dahulu kepada peserta Olimpiade Sains Nasional.

Adapun bertindak sebagai Narasumber : Mohammad Sofyan Wiryoputro,S.Pd.,M.Si dari SMPN 2 Ngawen, Buratsih Sulistyorini,S.Pd.,M.Pd dari SMPN 1 Blora, Budi Sudiarso, M.Pd dari SMPN 6 Ngawen, Eko Adi Purwanto,S.Pd dari SMPN 6 Blora, Budi Rudianto,S.Pd dari SMPN 3 Jepon, dan Sukaryadi,S.Pd dari SMPN 5 Blora.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*