Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka dan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) bagi Kelompok Kerja Guru (KKG) SD Sekolah Dasar Tahun 2023

DISDIK-Dinas Pendidikan Kabupaten Blora melalui Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) menyelenggarakan Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka dan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) bagi KKG SD Tahun 2023 yang dibuka oleh Kepala Dinas, Aunur Rofiq,SE.,M.Si didampingi Kabid GTK, Mujo Sugiyono,S.Pd.,M.Si beserta Sub Koordinator PGTK, Sumarno,SE.,MM. bertempat di Aula A, Senin (6/3/2023).

Pada kesempatan tersebut Aunur Rofiq menyampaikan bahwa Implementasi Kurikulum Merdeka ini oleh Pemerintah Pusat telah disediakan PMM (Platform Merdeka Mengajar) agar bisa memanfaatkan PMM dan memonitor.

“Kaitannya dengan Bimtek ini, Kami berharap setelah pelatihan ini untuk Platform Merdeka Mengajar (PMM) harus dikerjakan dengan bagus. Untuk itu Kami harap aktif di PMM itu. Dengan pelatihan ini, Kami harap bisa meningkatkan PMM Kabupaten Blora ini,” tegasnya.

Aunur Rofiq juga berharap hasil dari Bimtek ini diimplementasikan di pembelajaran. Jangan sampai setelah mengikuti Bimtek ini, model pembelajaran masih sama seperti sebelumnya. Perlu kesabaran karena pembelajaran ini berpusat pada peserta didik.

Pada kesempatan tersebut, Kabid GTK, Mujo Sugiyono menyampaikan, berdasarkan laporan dari Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Blora khususnya guru-guru di Kabupaten Blora ini dalam aktivasi pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) rapornya termasuk peringkat bawah. Artinya keaktifan Bapak/Ibu guru dalam memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar (PMM) belum maksimal.

“Bapak / Ibu guru yang hadir disini termasuk orang terpilih dan dipilih yang nantinya akan menjadi duta utama di Satuan Pendidikan maupun di KKG masing-masing untuk menjadi pioner. Kabupaten Blora menempati urutan 27 dari 35 Kabupaten / Kota di Jawa Tengah dalam memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar (PMM). Dalam Bimtek ini khusus untuk pemanfaatan PMM agar bisa menyesuaiakan modul-modul didalam PMM,” pungkasnya.

Dalam laporannya, Sub Koordinator PGTK, Sumarno menyampaikan, kegiatan Bimtek IKM dilaksanakan mulai tanggal 6-8 Maret 2023 yang diikuti 50 orang. Adapun bertindak sebagai Narasumber yaitu guru yang mengikuti pelatihan IKM melalui PMM, yaitu Syafi’i guru SDN Candi Kecamatan Todanan. .

Sumarno menambahkan, tujuan dilaksakan Bimtek untuk meningkatkan pemahaman guru terhadap IKM, meningkatkan aktivasi akun pembelajaran sebagai akses masuk PMM bagi guru di Kabupaten Blora serta meningkatkan peran guru dalam mengakses PMM secara mandiri.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*