Bimbingan Teknis Asesmen dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang SMP Tahun 2023

DISDIK-Implementasi Kurikulum adalah cara pelaksanaan, penerapan dan cara penyampaian kurikulum pendidikan terhadap siswadidik di lingkungan Satuan Pendidikan. Kurikulum merupakan perangkat pelayanan dan program pendidikan yang diberikan oleh Satuan Pendidikan dengan maksud dan tujuan tertentu sesuai dengan sistem pendidikan yang dilaksanakan secara menyeluruh.

Dinas Pendidikan Kabupaten Blora melalui Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar menyelenggarakan Bimtek Asesmen dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum Merdeka jenjang SMP Tahun 2023 yang dibuka oleh Kepala Dinas, Aunur Rofiq,SE.,M.Si. didampingi Seksi Pembinaan SMP, Dian Ahmad Kindarto, S.Pd.,SD, Senin (6/3/2023).

“Dengan Bimtek ini nanti pelaksanaan dilapangan juga sesuai dengan apa yang diharapkan di Kurikulum tersebut, karena pembelajaran ini berpusat pada siswa. Untuk membuat anak-anak aktif harus sabar untuk menerapkan kurikulum baru, karena untuk mengaktifkan anak tidak mudah,” tegas Aunur Rofiq.

Aunur Rofiq juga berharap kegiatan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) ini diikuti dengan bagus dan diimplementasikan di sekolah.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar, Titik Umiyati menyampaiakan tujuan diselenggarakan Bimtek Teknis Asesmen dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum Merdeka jenjang SMP Tahun 2023 agar peserta bisa mengembangkan dan mengelola kurikulum pelajaran sesuai karakteristik Satuan Pendidikan dan peserta didiknya.

Titik Umiyati berpesan selain memberikan terkait akademik, Bapak/Ibu guru juga mempunyai tanggungjawab, moral, akhlak untuk anak-anak.

“Tolong Bapak/Ibu budaya positif untuk bisa dipedomani oleh semua guru. Setiap pembelajaran selipkan kalimat-kalimat arahan untuk peserta didik terkait dengan akhlaknya,” tegas Titik.

Titik berharap tidak hanya memberikan terkait akademik saja, tetapi bagaimana anak-anak ini terbiasa mendapatkan arahan dari Bapak/Ibu guru sebagai garda terdepan yang selalu bersentuhan pada anak.

Bimtek dilaksanakan mulai Tanggal 6-15 Maret 2023 bertempat di Aula B dan C Dinas Pendidikan Kabupaten Blora dengan mengundang 100 guru IPA, 100 guru IPS, 100 guru PKn, 100 guru Bahasa Inggris, 100 guru Matematika, 100 guru Bahasa Indonesia.

Adapun bertindak sebagai Narasumber yaitu Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar, Titik Umiyati,S.Pd.,M.Pd. ; Ali Mursidi,S.Pd.,M.Pd, ; Sulistini,S..Pd.,M.Pd.(Pengawas SMP) ; Heri Kristanto,S.Pd.,M.Pd. ; (Pengawas SMP), Drs. Sutarko,M.Pd. (Pengawas SMP) ; Wisnu Broto,S.Pd.,M.Pd.
(Pengawas SMP) ; Sugiyarti,S.Pd.M.Pd.
(Pengawas SMP) ; Fatma Kristiani,S.Pd.,M.Pd.
(Pengawas SMP) ; Suhartutik,S.Pd.,M.Pd.
(Pengawas SMP) ; Dra. Sri Pertiwi,M.Pd.
(Pengawas SMP) ; Tri Handayani,S.Pd.,M.MPd.
(Pengawas SMP) ; Wiwik Sulistyowati,S.Pd.,M.A.
(Pengawas SMP) ; Achmad Dimhari,S.Pd.,M.Sik.
(Pengawas SMP) ; Gartatik,M.Si.,M.Ed.
(Pengawas SMP).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*