Kethoprak Dwija Kuncara Memperingati Hari Jadi Kabupaten Blora ke-274

DISDIK-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Dinporabudpar Blora dan Dinas Dinas Pendidikan Kabupaten Blora mempersembahkan Kethoprak Dwija Kuncara dengan lakon “Kebo Marcuet Kembar” dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2023 dan Hari Jadi Kabupaten Blora ke-274.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Drs. Yusman,M.Pd.I menyampaikan, Alhamdulillah hari ini bisa berkumpul bersama untuk menyaksikan pentas seni kethoprak yang pemainnya adalah dari Korwil, Pengawas, Kepala Sekolah, dan juga Guru.

“Terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah juga Dinporabudpar Kabupaten Blora yang telah memberikan kesempatan kepada teman-teman dari Dinas Pendidikan Kabupaten Blora untuk malam hari ini menampilkan sebuah karya yaitu kethoprak humor dengan lakon Kebo Marcuet Kembar,” tegas Yusman.

“Ini adalah suatu hal yang sangat luar biasa, pada malamini memberi suri tauladan, petuah lewat pentas seni. Pentas Seni ini luar biasa, mudah-mudahan Pentas Seni ini bisa dilaksanakan tidak hanya satu kali tetapi dua kali dalam satu tahun,” tambahnya.

Selanjutnya, Sub Koordinator Kebudayaan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Bapak Budi berharap dengan adanya kegiatan ini bisa memacu anak-anak yang setiap hari latihan di Sanggar bisa mempunyai tempat ekspresi melalui kegiatan ini.

“Mudah-mudahan kegiatan pelestarian yang ada di Kabupaten Blora bisa semakin maju, semakin bergairah sehingga juga nantinya bermanfaat bagi para seniman. Malam ini bisa melihat sampai ujung kegiatan Kethoprak yang pemainnya dari guru-guru,” tegas Budi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Bapak Komang Gedhe Irawadi,S.E.,M.Si mewakili Bupati Blora Bapak H.Arief Rohman,S.IP.,M.Si menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas partisipasi Bapak/Ibu guru yang tergabung dalam Kethoprak Dwijo Kuncoro yang melaksanakan pementasan malam hari ini. Selain itu juga, terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah yang telah memfasilitasi pementasan kethoprak malam ini. Semoga kedepan kerjasama memajukan kebudayaan, khususnya pentas kethoprak bisa terus berlanjut.

“Pementasan Kethoprak ini merupakan wadah penjelawantahan aktualisasi guru-guru di bidang seni sehingga bisa meningkatkan literasi sebagaimana tercantum dalam Kurikulum Merdeka. Semangat kecintaan terhadap budaya harus dijaga dan dipupuk untuk diperkenalkan dan diwariskan anak-anak cucu. Pementasan ini juga merupakan wujud komitmen, nguri-nguri menghidupkan kembali seni tradisional. Hal ini juga sejalan dengan tema Hari Jadi Blora ke-274 yaitu Guyub Rukun Sesarengan Mbangun Blora Berkelanjutan, Nguri-nguri Budaya Hingga Desa,” tegas Sekretaris Daerah Kabupaten Blora.

Hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah yang diwakili Subkoordinator BapakBudi Santoso, Kepala Perangkat Daerah, Dinas Pendidikan Kabupaten Blora beserta jajaran, para Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Kabupaten Blora.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*