Bimbingan Teknis Proktor/Teknisi Asesmen Nasional Jenjang SD Tingkat Blora tahun 2024

DISDIK-Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Seksi Pembinaan SD menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Proktor/Teknisi Asesmen Nasional Jenjang SD Tingkat Kabupaten Blora tahun 2024 yang dibuka oleh Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar, Drs. Slamet Dwi Cahyono,M.Pd didampingi Kasi Pembinaan SD Buana Adi Nugroho,S.Pd.,M.Pd beserta Narasumber di Aula B Dinas setempat, Senin (4/3/2024).

“Bimbingan Teknis Proktor/Teknisi Asesmen Nasional jenjang SD Tingkat Kabupaten Blora tahun 2024 sebagai penyampaian teknis informasi terkait dengan kebijakan Dinas Pendidikan tentang Asesmen Nasional, aplikasi, mekanisme pelaksanaan, cara penanggulangan masalah yang dapat terjadi di Satuan Pendidikan sampai dengan praktik/simulasi pelaksanaan Asesmen Nasional tahun 2024. Waktu dan tempat pelaksanaan dilaksanakan mulai tanggal (4/3/2024) hingga (9/3/2024) bertempat di Aula B dan C Dinas Pendidikan Kabupaten Blora dengan mengundang 589 orang Proktor/Teknisi Asesmen Nasional Jenjang SD yang dibagi menjadi 5 angkatan. Adapun bertindak sebagai narasumber dari Tim Teknis Asesmen Nasional tingkat Kabupaten Blora. Sumber dana yang digunakan berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Blora Tahun Anggaran 2024,” tegas Buana.

Selanjutnya, Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Drs. Slamet Dwi Cahyono,M.Pd menyampaikan bahwa Bapak/Ibu menjadi Proktor sebelumnya sudah melaksanakan dan ada yang baru menjadi Proktor. Bagi yang sudah lama berharap jangan memudahkan permasalahan. Kemudian yang baru mengikuti, Kami berharap bisa mengikuti dengan baik.

“Proktor adalah kunci sukses tidaknya pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) di Satuan Pendidikan. Jangan mudah gugup, jangan mudah bingung jika mengalami hambatan. Jika nanti jadwal sudah beredar, diharapkan Bapak/Ibu jangan tertinggal. Sampaikan ke anak-anak dan untuk anak-anak yang sudah terpilih segera dilatih,” pungkasnya.

Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar, Drs. Slamet Dwi Cahyono,M.Pd berharap kegiatan Asesmen Nasional jenjang SD ini betul-betul bisa terlaksana dengan baik dan pasti karena hasilnya nanti akan berdampak pada Rapor Pendidikan.

“Tingkatkan Rapor Pendidikan di Satuan Pendidikan masing-masing. Tanpa konsekuensi Bapak/Ibu sekolah tidak akan bergairah, tidak akan lebih baik sekalipun Asesmen Nasional itu memang tidak diikuti semua siswa. Jalankan apa adanya, jangan ada settingan. Itu sebagai pemicu dan pemacu Kita dapat menjalankan ragam-ragam pendidikan yang berkualitas. Utamanya putra-putri Kita siapkan menghadapi pelaksanaan kegiatan Asesmen Nasional. Proktor tentunya bisa mensosialisasikan di tingkat bawah yang berdampak pada Bapak/Ibu guru yang memberikan materi. Kuatkan masing-masing di Satuan Pendidikan, tingkatkan kualitas dan mutu pendidikan utamanya nanti untuk Kabupaten Blora agar Kita mengetahui raport sekolah masing-masing,” imbuhnya.

Untuk diketahui Asesmen Nasional merupakan salah satu bentuk evaluasi sistem pendidikan oleh Kemdikbudristek pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Asesmen Nasional bertujuan untuk mengukur hasil belajar kognitif, hasil belajar non kognitif, dan kualitas lingkungan belajar pada satuan pendidikan. Asesmen Nasional diperlukan sebagai bentuk Evaluasi Sistem Pendidikan yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat, diperlukan dalam rangka memperoleh informasi yang akurat dan komprehensif untuk menghasilkan Profil Pendidikan.

Bertindak sebagai Narasumber yaitu Slamet Dwi Cahyono,M.Pd (Dinas Pendidikan Kabupaten Blora), Ahmad Arifin,S.AP, (Dinas Pendidikan Kabupaten Blora), Siswanto, S.Pd.,M.Pd (Kepala Sekolah SDN 1 Tegalgunung), Eka Deny Saputra,S.Pd.,M.Pd (Kepala Sekolah SDN 3 Plosorejo), Pujiyono,S.Pd.SD (Guru SDN Ngampel).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*