Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Menjadi Narasumber Dalam Rakor Tim Pembina UKS/UKSM Tingkat Kabupaten Blora

DISDIK-Dalam rangka penguatan jejaring lintas sektor untuk mendukung pelaksanaan program kesehatan anak usia sekolah dan remaja, Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar menjadi Narasumber dalam Rapat Koordinasi Tim Pembina UKS/UKSM Tingkat Kabupaten Blora bertempat di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Selasa (27/8/2024).

Pada kesempatan tersebut, Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Drs. Slamet Dwi Cahyono,M.Pd didampingi Kasi Pembinaan SMP, Dian Ahmad Kindarto,S.Pd.SD.,M.Pd menyampaikan materi terkait “Gerakan Sekolah Sehat”.

“Gerakan Sekolah Sehat merupakan segala upaya yang dilakukan secara bersama-sama dan terus menerus oleh semua pihak mulai dari pemerintah pusat sampai ke pemerintah daerah, para mitra, satuan pendidikan, masyarakat pemangku kepentingan lainnya tentang pentingnya penerapan Sekolah Sehat dengan berfokus pada: Sehat Bergizi, Sehat Fisik,Sehat Imunisasi, Sehat Jiwa dan Sehat Lingkungan di Satuan Pendidikan.

Tindak lanjut setelah adanya SK Bupati Blora Nomor 400.3.1/616/2023 tentang Pembentukan TIM Pembina UKS yaitu : (1) Dilaksanakannya Bimbingan Teknis UKS dan Kampanye Sekolah Sehat, PHBS, Adiwiyata dan Pencegahan Perundungan Jenjang SMP Tahun 2024 dengan Narasumber dari DINKES, DLH, dan RSUD. (2) Sosialisasi Gerakan Sekolah Sehat dan Anti Perundungan kepada Satuan Pendidikan SMP. (3) Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dengan melibatkan Puskesmas dan Pemangku Kepentingan dari Dinsos, Dinkes dan Kepolisian. (4)Kegiatan Gerakan Gerakan Aksi Bergizi dengan senam pagi dan sarapan bersama kepada seluruh Satuan Pendidikan.

Hasil yang diharapkan Pemerintah Daerah mendukung : (1) penganggaran Penerapan Gerakan Sekolah Sehat, (2) OPD terkait untuk menjadwalkan Sosialisasi yang berhubungan dengan Gerakan Sekolah Sehat sesuai dengan Tupoksi yang ada pada 5S, (3) Satuan Pendidikan menghidupkan kembali kegiatan UKS sebagai dukungan Penerapan Gerakan Sekolah Sehat.

Hadir dalam kegiatan tersebut bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Blora, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Provinsi Jawa Tengah Kasi Pembinaan SMP, Kemenag Kabupaten Blora, Bappeda Kabupaten Blora, Dinsos P3A Kabupaten Blora, Tim PKK Kabupaten Blra, PMI Cabang Blora, Paguyuban Puskesmas Kabupaten Blora, Subkoor Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Subkor Seksi Kesehatan Lingkungan Kerja dan Kesehatan Olahraga Dinas Kesehatan Kabupaten Blora.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*