Disdik Gelar Bimtek IKM dan Pemanfaatan PMM bagi MGMP Matematika

DISDIK-Dinas Pendidikan Kabupaten Blora gelar Bimtek IKM dan Pemanfaatan PMM bagi MGMP SMP Matematika Tahun 2023 yang dibuka oleh Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) didampingi Sub Koordinator PGTK Sumarno,S.E.,MM.

Kabid GTK, Mujo Sugiyono,S.Pd.,M.Pd menyampaikan dengan kegiatan Bimtek ini mudah-mudahan bisa memberikan tambahan ilmu dan manfaat yang besar bagi Bapak/Ibu peserta Bimtek dalam mengantar peserta didik Kita mewujudkan agenda Merdeka Mengajar.

“Agenda Merdeka Mengajar ini yang pokok ada 2 yaitu Literasi dan Numerasi. Literasi, anak didik Kita diwajibkan untuk banyak membaca, ilmu pengetahuan dari buku-buku yang dibaca. Terkait Numerasi, kemampuan siswa didalam aplikasi hitung menghitung dan kemampuan ruangan Numerasi tidak hanya soal angka tetapi bagaimana angka-angka ini bisa dipraktikkan dalam kehidupan nyata. Sehingga kemampuan anak-anak Kita bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” tegas Mujo Sugiyono.

Mujo juga menyampaikan Bapak/Ibu MGMP Matematika ini adalah agen perubahan paling depan di Bidang Numerasi guru Mata Pelajaran Matematika. Memegang peran penting mengantar anak didik di dalam kemampuan Numerasi.

“Di dalam Merdeka Mengajar telah diberi fasilitas yang namanya Platform Merdeka Mengajar (PMM). PMM ini adalah aplikasi yang disediakan untuk Bapak/Ibu dengan pelatihan mandiri. Dengan pelatihan mandiri itu login di PMM sudah bisa belajar banyak tentang konteks-konteks materi Kurikulum Merdeka tentang metode pembelajaran di dalam menunjang tugas,” tambah Mujo.

Pada kesempatan yang sama, Sub Koordinator PGTK, Sumarno,S.E.,MM menyampaikan bahwa kegiatan ini difasilitasi oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Blora dengan anggaran APBD.

“Harapan Kami pembukaan hingga hari terakhir (3/7/2023) bisa mengikuti Bimtek ini dengan sebaik-baiknya, karena akan mendapatkan materi dari Narasumber yang penekanannya di PMM karena tujuannya untuk meningkatkan Dashboard PMM yang ada di Kabupaten Blora,” ucap Sumarno.

Bimtek ini diikuti sejumlah 50 orang yang berlangsung mulai tanggal 26 Juni hingga 3 Juli 2023 di Aula C Dinas Pendidikan Kabupaten Blora dengan menghadirkan Narasumber dari SMPN 1 Ngawen dan dari SMPN 3 Blora.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*