Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Membuka Kegiatan Pembekalan Guru Dalam Rangka Persiapan Asesmen Nasional Jenjang SMP Tahun 2021

Asesmen Nasional merupakan upaya untuk memotret secara komprehenship mutu proses dan hasil belajar di Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah di seluruh Indonesia. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar literasi numerasi dan karakter serta kualitas proses belajar mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Asesmen Nasional dirancang sebagai evaluasi dari Pemerintah untuk menilai kualitas layanan pendidikan di satuan pendidikan yang bertujuan untuk perbaikan dan peningkatan kualitas belajar peserta didik secara berkelanjutan. Untuk mempersiapkan Asesmen Nasional, Dinas Pendidikan Kabupaten Blora melalui Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar menyelenggarakan acara pembekalan guru. Kegiatan ini dimaksudkan guna melatih dan menyiapkan guru terutama guru Mapel Bahasa Indonesia dan Matematika dengan mengacu Juknis Asesmen Nasional dalam pelaksanaan asesmen literasi membaca, Asesmen Nasional Numerasi dan tindak lanjut hasil AKM.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Hendi Purnomo,S.STP,MA didampingi Sekretaris Dinas Endang Rukmiati, S.Pd.,M.Pd serta Plt. Kabid Pembinaan Dikdas Suyitno, S.Pd, M.Pd pada hari Selasa 26 Januari 2021 di Aula B, sedangkan peserta lainnya mengikuti secara virtual di Aula C. Adapun peserta pembekalan adalah guru mapel Bahasa Indonesia dan Guru Matematika jenjang SMP se-Kabupaten Blora dengan jumlah masing-masing Mapel 95 orang. Sebanyak 95 peserta sehingga jumlah keseluruhan 190 orang yang terbagi dalam dua tempat yaitu di Aula B dan C selama 3 hari 26 Januari-28 Januari 2021 dengan mendatangkan Narasumber dari Widya Iswara LPMP Jawa Tengah Bapak Drs. Slamet Trihartanto dan Bapak Pujiadi, M.Pd,M.Kom serta Tim MGMP Mapel Bahasa Indonesia dan Mapel Matematika.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Hendi Purnomo, S.STP, MA menyampaikan,”Kegiatan ini dilakukan ditengah-tengah pandemi COVID-19. Oleh karena itu, diharapkan semua peserta mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3M. Mudah-mudahan pandemi ini segera berakhir, sehingga kita bisa menyiapkan peserta didik dengan sebaik-baiknya. Selanjutnya Kepala Dinas berpesan untuk bisa mendidik anak didik dengan baik dalam menyiapkan kader-kader bangsa demi masa depan yang lebih baik” tegas Hendi.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan cindera mata Kepada Narasumber oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Bapak Hendi Purnomo, S.STP,MA.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*