PUSDATIN Adakan Koordinasi Teknis Verval Data Peserta Didik TA 2022/2023

DISDIK – Pada hari Rabu (9/3/2022) telah digelar acara Rapat Koordinasi terkait Verval Data Peserta Didik Tahun Ajaran 2022/2023 yang dihadiri Operator Dapodik Kabupaten Blora di Aula A yang dipimpin langsung Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupten Blora, Sunaryo, S.Pd.,M.Si. pada Pukul 08.30 WIB dengan mengundang Narasumber Tim dari Pusdatin (Pusat Data dan Informasi) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Turut hadir Admin Dapodik Kabupaten, Al fatayasin, dan dari Admin dari Kemenag Blora.

Pada kesempatan tersebut Sekretaris Dinas, Sunaryo, S.Pd., M.Si. menyampaikan, ” Terima kasih untuk tim Pusdatin yang tak henti-hentinya membantu Kita. Kita ingin data pendidikan di Kabupaten Blora itu semakin baik. Apalagi Blora saat ini memiliki Command Center ( BCC ) termasuk Data Pendidikan nanti, akan kita tampilkan di dashboard BCC. Saat ini paling sulit menghitung ATS (Anak Tidak Sekolah). Kalau Anak Putus Sekolah bisa dilihat data dapodik sekolah tersebut sudah tersedia. Tetapi, anak-anak yang tidak pernah masuk sekolah, datanya dari mana. Maka dari itu, harus klik dengan Dukcapil. Hal ini yang masih menjadi kendala, banyak data NIK itu tidak diupdate di Dukcapil. Maka dari itu, agar disinkronkan data di Dukcapil dan anak yang tidak mampu dengan Dinas Sosial.”

This image has an empty alt attribute; its file name is WhatsApp-Image-2022-03-10-at-07.52.58-1-1024x576.jpeg

Untuk mengakses dashboard data pendidikan bisa diakses melalui link http://datapendidikan.blorakab.go.id/ yang saat ini masih selalu disempurnakan melalui verifikasi dan validasi aliran datanya. Dari dashboard tersebut, saat ini, dapat diketahui sejauh mana proses Verifikasi dan Validasi Dapodik baik Data Satuan Pendidikan ( Sekolah ), Data Individu ( Peserta Didik, Guru, dan Tenaga Pendidikan ), Data Pelaksanaan Vaksinasi di sekolah, dan Data Anak Putus Sekolah.
“Saya ingin dari Pusdatin untuk menjembatani. Kalau ada kesalahan data, persoalan / permasalahan kevalidan data, nanti kita bisa meminimalisir kesalahan input termasuk menulis NIK itu sangat penting”, tegasnya. (Tim Humas)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*