Bimbingan Teknis Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tahun 2022

DISDIK-Dinas Pendidikan Kabupaten Blora melalui Bidang Paud dan Dikmas menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Akreditasi PAUD Tahun 2022 yang dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Aunur Rofiq,SE,M.Si didampingi Kabid Paud dan Dikmas Nuril Huda,S.P,M.M.

Bimtek dilaksanakan selama 2 hari mulai Tanggal 12-13 April 2022 di Aula B dan C dengan mandatangkan Narasumber dari PP Paud Provinsi Jawa Tengah dan dari Pengawas TK.

Dalam laporan Ketua Penyelenggara Kabid Paud dan Dikmas Nuril Huda,S.P,M.M menyampaikan,”Tujuan kegiatan ini adalah masih banyaknya Satuan Paud yang masih banyak belum terakreditasi, khususnya Kelompok Bermain (KB) termasuk di TK dari 850 Lembaga, baru sekitar kurang dari 100 Lembaga yang terakreditasi. Akreditasi menjadi tuntutan kedepan terkait dengan kualitas layanan Kita pada Peserta Didik Kita”, tegasnya.

Selanjutnya terkait Akreditasi dalam rangka menuju Paud yang berkualitas, ada beberapa elemen yang harus dipenuhi sehingga penyelenggaraan di Satuan Paud itu berkualitas. Pertama, terkait dengan Lingkungan Belajar. Lingkungan Belajar yang berkualitas itu sangat penting sekali. Sehingga, penyelenggaraan Paud di Satuan Paud itu berkualitas. Perlu diingat, Kita itu bermitra dengan orang tua wali murid atau orang tua dari peserta didik Kita. Tolong itu dijaga betul, sehingga Wali murid bisa memikirkan proses KBM di Satuan-satuan Kita. Kedua, dukungan terhadap pemenuhan kebutuhan esensial Anak Usia Dini selain pendidikan, yaitu untuk kesehatannya. Maka dari itu harapan Saya, Satuan-Satuan Paud yang ada di Blora itu sudah bekerja sama dengan Tenaga Kesehatan yang ada di lingkungan. Terkait dengan gizinya atau penambahan makanan terhadap anak-anak sangat penting sekali, utamanya pengasuhan dan perlindungan. Terakhir, terkait dengan kepemimpinan dan pengelolaan Sumber Daya Manusia yang ada di Satuan Paud. Jadi, peran Kepala Sekolah ini sangat penting sekali. Maka dari itu, Kita Alhamdulillah Tahun ini sekitar 70 Satuan yang sudah mendaftar Kepala Sekolah Penggerak. Hari ini nanti, Kita akan ke arah itu juga”, tambahnya.

“Peserta kegiatan ini dari Satuan Paud di Blora yang belum terakreditasi, baik yang dari TK maupun KB sebanyak 150 peserta. Terkait materi yang disampaikan hari ini mengenai Implementasi Kurikulum Merdeka. Jadi, pada hari ini materi Implementasi Kurikulum Merdeka sekaligus langsung daftar. Nanti, Satuan Paud Bapak/Ibu semua di daftarkan di Implementasi Kurikulum Merdeka. Karena kedepan sekitar Tahun 2024 sudah harus memakai Kurikulum Merdeka semuanya. Sehingga nanti IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka) seperti apa, akan dijelaskan secara teknis oleh Narasumber dari PP Paud Dikmas Provinsi Jawa Tengah dan dari Pengawas TK”, ujar Kabid Paud.

Dalam sambutan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Aunur Rofiq,SE,M.Si menyampaikan,”Bapak/Ibu yang Saya hormati, perhatian Bapak Bupati sangat konsen sekali terhadap pendidikan. Utamanya untuk peningkatan mutu pendidikan termasuk juga di Paud”, tegasnya.

Kaitannya dengan IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka) ada Mandiri Belajar, Mandiri Berubah, Mandiri Berbagi akan dikupas tuntas oleh Narasumber. Selanjutnya, kaitannya dengan Akreditasi Paud di Kabupaten Blora, untuk terus ditingkatkan”, tambahnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*