Kegiatan Bimbingan Teknis Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah Tahun 2022

DISDIK-Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jawa Tengah, Kamis 24 Maret 2022 menyelenggarakan Bimbingan Teknis Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah Tahun 2022 di Aula C Dinas Pendidikan Kabupaten Blora. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari dari Pukul 08.00 WIB-selesai.

Tujuan Kegiatan Bimbingan Teknis ini dimaksudkan untuk menyelaraskan dan memahami hal-hal sebagai berikut : 1. Mensosialisasikan Sistem Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS), 2. Mendorong Sekolah di 35 Kabupaten/Kota untuk menggunakan ARKAS, 3. Mengoptimalkan pengguna Sistem Aplikasi RKAS untuk pengelolaan Dana BOS. Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang peserta Bimtek terdiri atas Kepala Sekolah, Bendahara BOS, dan Operator.

Pembukaan kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Aunur Rofiq,SE,M.Si. didampingi Sekretaris Dinas Sunaryo,S.Pd.,M.Si serta Sub Koordinator Kelembagaan SD dan SMP Mimik Takaryani,S.Sos. Turut mendampingi Kabid Pembinaan Dikdas Titik Umiyati,S.Pd.,M.Si.

Aunur Rofiq,SE,M.Si

Dalam sambutan Kepala Dinas Aunur Rofiq,SE,M.Si menyampaikan,”Saya ucapkan Terimakasih kepada Tim LPMP yang telah bersedia untuk mengadakan Bimbingan Teknis. Perlu Kita sampaikan bahwa, kaitannya dengan kegiatan ini adalah permohonan Kami ke LPMP, setelah Kita dari LPMP ada usul untuk Tim Kabupaten. Maka dari itu Kami fasilitasi. Sebelumnya, Kami dari Tim BOS Kabupaten Blora mengadakan Study Tiru ke Kota Semarang. Oleh karena itu, Kita berkeinginan Kabupaten Blora bermaksud untuk melaksanakan. Sehingga, Kami meminta bantuan ke LPMP untuk bisa mengisi kegiatan ini. Dengan RKAS pelaksanaan BOS bisa menjadi lebih bagus, rencana sesuai dengan pelaksanaannya. Dengan adanya aplikasi ini, berharap semua serapan sesuai dengan target. Maka dari itu Kami mohon Bapak/Ibu semua yang ada disini, untuk bisa menularkan ilmu atau hasil dari Bimtek ini pada teman-teman yang ada di wilayahnya. Bapak/Ibu, kemarin Kita mengadakan Sosialisasi Juknis BOS. Untuk itu, dari Sosialisasi BOS kemarin, Kita sinkronkan dengan kegiatan kali ini sehingga bisa menjadi efektif dan efisien”, tegasnya.

Bimtek Narasumber menghadirkan dari LPMP Provinsi Jawa Tengah Heri Dwiyanto,S.S.,M.Pd. menyampaikan Materi Penyusunan RKS/RKAS Berbasis Data. Sementara itu Tim Operator BOS Dinas Pendidikan Kabupaten Blora mensosialisasikan Tata Cara mengoperasikan Aplikasi Rencana Kegiatan Sekolah serta Pengelolaan Dana BOS dengan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*