Sosialisasi Akreditasi BAN PAUD dan PNF Provinsi Jawa Tengah 2022

DISDIK-Untuk mensukseskan kegiatan Akreditasi Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan PNF Tahun 2022 di Kabupaten Blora, Dinas Pendidikan Kabupaten Blora melaksanakan kegiatan Sosialisasi Akreditasi BAN PAUD dan PNF Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022, Selasa (26/4/2022).

Sosialisi tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Aunur Rofiq,SE,.M.Si sekaligus sebagai Narasumber dengan melibatkan sebanyak 137 Satuan PAUD dan Satuan RA yang belum terakreditasi. Selain dihadiri Kepala Dinas, kegiatan tersebut dihadiri Kasi PAUD Sumito,SE,MM serta BAN PAUD dan PNF Provinsi Jawa Tengah sebagai Narasumber dengan mengusung materi “Kebijakan dan Mekanisme Pelaksanaan Akreditasi Tahun 2022”.

Dalam sambutan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Aunur Rofiq,SE,M.Si menyampaikan,”Pelaksanaan kegiatan ini harus dilandasi niat Bapak/Ibu semuanya. Pada agenda ini nanti, ada Sosialisasi dan ada Dapodik. Dapodik merupakan pegangan peranan yang sangat penting. Jadi, Bapak/Ibu semua, untuk sering mengupdate Dapodik. Kaitannya sertifikasi, siswa, BOP juga butuh Dapodik. Antara PAUD Dikmas dan GTK juga kaitannya dengan Dapodik”, tegasnya.

Aunur Rofiq,SE,M.Si juga menambahkan,”Tidak kalah pentingnya kaitannya dengan Akreditasi. Jadi, Akreditasi itu jangan dianggap suatu hal yang susah. Kalau Kita ingin maju, harus susah dulu. Bapak/Ibu harus semangat agar sekolah/lembaga terakreditasi”.

Dilanjutkan sambutan laporan Ketua Penyelenggara Kegiatan dari PNF Provinsi Jawa Tengah menyampaikan,”Tujuan Sosialisasi ini yaitu (1) Tersosialisasikannya kebijakan dan mekanisme akreditasi BAN PAUD dan PNF bagi pemangku kebijakan (2) Tersosialisasikannya pelaksanaan Akreditasi dan pendampingan mutu pendidikan (3) Tersosialisasikannya teknis pengisian data dalam SISPENA dan pemutakhiran data dalam DAPODIK. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah tersosialisasikannya kegiatan yang berkaitan dengan kebijakan, mekanisme, instrumen dan penguat PPA pada Satuan PAUD dan PKBM. (2) Meningkatnya jumlah pemohon Akreditasi di Provinsi Jawa Tengah. (3) Kesiapan Lembaga PAUD dan PKBM dalam mengikuti Akreditasi sehingga hasilnya bisa maksimal”, ungkapnya.

“Untuk pelaksanaan kegiatan tersebut, dilaksanakan satu hari (26/4/2022) bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Blora. Narasumber dalam kegiatan ini dari (1) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Aunur Rofiq,SE,M.Si untuk memberikan pengarahan dan motivasi Akreditasi, (2) Kebijakan Akreditasi dari Anggota BAN Provinsi Jawa Tengah. (3) Pemutakhiran Data DAPODIK dari operator Dapodik Dinas Pendidikan Kabupaten Blora (4) Simulasi pengisian PPA dari Asesor BAN PAUD dan PNF”, tegasnya.

Panitia kegiatan ini merupakan kerjasama dari BAN PAUD Provinsi Jawa Tengah dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Blora.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*