Sekretaris Dinas Pimpin Sosialisasi Pengenalan/Implementasi ARKAS

Sekretaris Dinas, Widodo,S.Pd.,M.Pd Pimpin Sosialisasi Pengenalan ARKAS

DISDIK-Dinas Pendidikan Kabupaten Blora melalui Sub Koordinator Kelembagaan SD dan SMP, pada hari ini, Kamis (7/7/2022) mengadakan Sosialisasi Pengenalan/Implementasi ARKAS dalam Perencanaan Anggaran dan Pengawasan Penggunaan Anggaran Sekolah yang diikuti Korwil Biddik Kecamatan se-Kabupaten Blora, Pengawas SD dan SMP. Bertindak sebagai Narasumber yaitu Sekretaris Dinas, Widodo,S.Pd.,M.Pd selaku Ketua Tim BOS Kabupaten Blora, Kasubbag Keuangan, Firsty Himawan Kusnadhi,SE.,M.Acc beserta Sub Koordinator Kelembagaan SD dan SMP Mimik Takaryani,SE beserta staf yang menangani BOS.

ARKAS (Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) dikembangkan untuk membantu satuan pendidikan dalam melaksanakan administrasi penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan serta pertanggungjawaban dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Sub Koordinator Kelembagaan SD dan SMP, Mimik Takaryani,SE menyampaikan,”Kami Tim BOS Kabupaten Blora, mempunyai kewajiban mengundang Bapak/Ibu untuk mengenal yang namanya Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS). Untuk elemen pengelolaan Dana BOS, Bapak/Ibu Pengawas wajib tahu yang terbaru. Ada ketentuan mulai Tahun 2022, hanya diperbolehkan menggunakan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS). Sedangkan, Kami Dinas Pendidikan Kabupaten Blora menggunakan Aplikasi Markas untuk memantau pelaksanaan BOS. Semoga dengan adanya aplikasi ini bisa mendukung pengelolaan dana BOS lebih baik lagi, bisa terbantu dengan aplikasi ini. Intinya Kami tidak ingin mempersulit, jika mengalami kesulitan Kami siap membantu”, ungkap Mimik.

Sementara itu, Kasubbag Keuangan Firsty Himawan Kusnadhi,SE.,M.Acc menyampaikan terkait tentang manajemen pengelolaan Dana BOS.

Sedangkan Sekretaris Dinas, Widodo,S.Pd.,M.Pd menyampaikan,”Dengan adanya pertemuan ini bisa mengetahui permasalahan di sekolah. Kami tidak ingin menyulitkan Bapak/Ibu semuanya. Kami akan mem-backup di lapangan”.

Selain itu, Widodo mengingatkan Pengawas untuk mengajak Kepala Sekolah agar meningkatkan Sekolah Ramah Anak. Menciptakan kondusifitas, bagus, tidak cuma-cuma.

“Mari Kita bekerjasama, solid dan semaksimal mungkin memajukan pendidikan Kabupaten Blora”, tegas Widodo.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*