Dinas Pendidikan dalam Musrenbang RKPD Kabupaten Blora 2017

Ada nuansa yang berbeda pada penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Tahun Anggaran 2018, jika biasanya diselenggarakan di Kota Blora maka pada tahun 2017 ini acara  diadakan di Hotel Allium Cepu. Sesuai jadwal, Musrembang diselenggarakan selama dua hari yaitu Rabu (8/3) dan Kamis (9/3). Pada hari pertama, acara  dihadiri oleh Forkompinda, Semua Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Blora, semua Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Blora, Delegasi dari 16 kecamatan di Blora,  BAPPEDA Kabupaten Tetangga, Insatansi Vertikal dan BUMN yang ada di Blora, LSM di Blora, Organisasi Kemasyarakatan/Keagamaan/Profesi dan Forkompinda. Acara dibuka langsung oleh Bupati Blora Bapak H.Djoko Nugroho didamping Wabup Blora, H. Arief Rohman, M.Si.

Musrenbang RKPD 2017 ini merupakan tahap terakhir dalam proses perencanaan pembangunan tingkat kabupaten yang nantinya akan direalisasikan di tahun 2018. Sebagaimana disampaikan Bupati Blora dalam sambutannya, bahwa pada Tahun 2018 nanti Bidang Pendidikan merupakan salah satu sekala prioritas pembangunan. Pada hari pertama ini Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Drs. Achmad Wardoyo, M.Pd hadir secara langsung didampingi oleh Kasubbag Program Dinas Pendidikan Yusuf Fitri, S.IP.

Kepala Dinas Pendidikan Blora memberikan penjelasan terkait UNBK pada Pembukaan Musrembang

Pada sesi diskusi yang dipimpin langsung oleh Bupati Blora, terdapat beberapa pertanyaan peserta Musrembang utamanya terkait dengan prioritas pembangunan bidang pendidikan, salah satunya terkait Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Disampaikan oleh Kadisdik, bahwa kesiapan Blora dalam UNBK adalah Nomor 2 di Jawa Tengah setelah Kota Semarang. Prestasi ini sangat diapresiasi oleh Bapak Bupati Blora sehingga dalam Tahun 2018 nanti beliau mengharapkan semua SMP bisa dipenuhi sarana dan prasarananya untuk menunjang penyelenggaraan UNBK. Dinas Pendidikan juga telah menerima usulan-usulan skala prioritas di bidang pendidikan dari seluruh kecamatan di kabupaten Blora. Prioritas tersebut diantaranya adalah renovasi gedung-gedung sekolah dengan kondisi rusak ringan hingga berat, juga pengadaan alat-alat untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Masyarakat tentunya berharap usulan-usulan tersebut dapat direalisasikan di tahun 2018 mendatang.

Diskusi dan Paparan OPD pada Musrenbang RKPD hari kedua, Kamis (9/3), Hotel Allium Cepu

Pada Hari Kedua Musrembang RKPD diisi dengan paparan dari 3 Kelompok Forum Perangkat Daerah yang kemudian dilanjutkan dengan acara Sidang Kelompok/desk yang terbagi menjadi 3 kelompok, kelompok Asisten Pemerintahan, kelompok Asisten Ekonomi, Pembangunan, dan Kesra, serta kelompok Asisten Administrasi. Dinas Pendidikan Kabupaten Blora berada di Kelompok Asisten Ekonomi, Pembangunan, dan Kesra. Pada akhir acara Musrembang telah dibuat Rumusan Hasil Musrenbang Tahun 2018 dan Penandatanganan Berita Acara.