Rapat Koordinasi Bunda PAUD Kecamatan, Desa/Kelurahan se Kabupaten Blora yang bertema “Ayo Mendongeng Bersama Bunda PAUD”

DISDIK-Dinas Pendidikan Kabupaten Blora melalui Bidang PAUD dan DIKMAS menyelenggarakan Rapat Koordinasi Bunda PAUD Kecamatan, Desa/Kelurahan se Kabupaten Blora yang bertema “Ayo Mendongeng Bersama Bunda PAUD” yang diselenggarakan di Hotel Arra Cepu yang dipimpin Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Sunaryo,S.Pd.,M.Si, Senin (29/7/2024).

Dalam sambutannya Sunaryo menyampaikan bahwa Keberadaan Bunda PAUD dari tingkat Kabupaten sampai ke tingkat Desa dan adanya Kelompok Kerja Bunda PAUD diharapkan bisa mewujudkan dampak-dampak positif, komunikasi yang efektif diantara stake holder ini. Bunda PAUD memiliki peran yang strategis untuk menghasilkan PAUD yang berkualitas.

“Bunda PAUD dari semua tingkatan diharapkan bisa mendongeng di PAUD wilayahnya masing-masing, karena mendongeng yang mulai luntur dari budaya kita bangkitkan lagi. Banyak manfaatnya dari mendongeng itu diantaranya penanaman nilai dan pengembangan moral, sehingga dari dongeng itu anak bisa memperoleh pesan moral dan pesan moral ini tidak bisa langsung disampaikan tetapi dengan cara mendongeng,” tegas Sunaryo.

Sunaryo juga menyampaikan terima kasih kepada Bunda PAUD di Kecamatan yang sudah menjadi mitra baik bagi Dinas Pendidikan untuk penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif di semua tingkatan. Bapak/Ibu yang berinteraksi langsung dengan penyelenggara PAUD termasuk juga dengan Pendidik PAUD.

Ada beberapa manfat dari Mendongeng untuk anak usia dini, yaitu : (1) Membantu penanaman nilai dan pengembangan moral, (2) Mendukung perkembangan sensorik dan kognitif, (3) Melatih empati, (4) Menumbuhkan kreativitas dan meningkatkan imajinasi, (5) Memperkuat ikatan sosial dan keluarga.

Dalam laporan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Nuril Huda,S.P.,M.M menyampaikan bahwa pada kegiatan Rakor Bunda PAUD Kecamatan, Desa/Kelurahan se Kabupaten Blora ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang mana setiap tahun kita upayakan untuk memberikan tema yang berbeda terkait dengan kondisi PAUD di Kabupaten Blora.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menjadikan Bunda PAUD di Kecamatan menjadi sosok utama dalam program-program Pendidikan Anak Usia Dini. Bunda PAUD di semua tingkatan merupakan pilar yang mana kedepan menjadi salah satu pilar utama terkait dengan Pendidikan Anak Usia Dini yang Berkualitas. Kedua, dalam Rakor ini nanti berharap Bunda PAUD di semua tingkatan punya rencana program kerja. Kegiatan Rakor ini kita yang pertama, menyamakan persepsi karena lewat Bunda PAUD ini, informasi sangat strategis sampai ke pimpinan wilayah, misalnya Camat, Lurah,” tegas Nuril.

Kedua, tujuan dari Rakor ini juga bagaimana Bunda PAUD melakukan pengawasan terhadap kegiatan-kegiatan PAUD yang ada di wilayahnya. Minggu kemarin ada program MPLS Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan merupakan salah satu program utama dari Bunda PAUD dan kita berharap Bunda PAUD juga memberi pengawasan.

Ketiga, Bunda PAUD melakukan sinkronisasi melakukan koordinasi terkait dengan perjalanan PAUD yang ada di Kecamatan. Kita bertekad PAUD Kabupaten Blora tahun 2024 /2025 sudah menuju PAUD yang berkualitas. Terutama terkait dengan penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif (HI). Peran Bunda PAUD sangat besar sekali, pengembangan Rakor ini bisa memberikan semangat baru terhadap Bunda-Bunda PAUD terkait dengan tugas dan fungsi keberadaan Bunda PAUD.

Peserta dari kegiatan ini sebanyak 350 peserta yang terdiri dari Dharma Wanita Kabupaten, DWP Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Pokja II PKK Kabupaten Blora, Bunda PAUD Kecamatan se-Kabupaten Blora, Bunda PAUD Kecamatan Desa/Kelurahan se-Kabupaten Blora, Kampung Dongeng, Ketua IGTKI, HIMPAUDI Kabupaten Blora yang betempat di Hotel Arra ini yang ke-3.

Turut hadir mendampingi Pejabat Struktural di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Blora.

Kegiatan Rakor ini dibiayai oleh APBD Kabupaten Blora. Bersinergi, Berkoordinasi, terkait dengan PAUD yang berkualitas kedepan. Diharapkan semua PAUD sudah holistic, integratif. Artinya layanan apapun yang harus didapatkan anak PAUD sudah diakomodasi dari PAUD.

Dalam Rakor Bunda PAUD tahun ini mengundang narasumber yang sangat dibutuhkan dalam tumbuh kembang anak usia dini,yaitu master dongeng/ pendongeng dan psikolog.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*