Upacara Peringatan HARDIKNAS Tahun 2019

Dinas Pendidikan Kabupaten Blora menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2019. Acara dimulai pukul 07.00 s/d selesai bertempat di halaman Dinas Pendidikan Kabupaten Blora. Upacara ini dipimpin oleh Bupati Blora Bapak Djoko Nugroho.

Dalam upacara ini, turut hadir Wakil Bupati Blora Bapak Arif Rohman, Kepala OPD terdekat di wilayah titik 2, Forkopimda Kab. Blora, Kepala Sekolah, Guru, para pelajar, serta Aparatur Sipil Negara di wilayah pemerintahan Kabupaten Blora.

Bupati Blora mengapresiasi, upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional tingkat kabupaten Blora tahun 2019 sukses dilaksanakan dengan tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”

Dalam upacara, Bupati Blora Bapak Djoko Nugroho menyampaikan isi sambutan Mendikbud, Bapak Muhadjir Effenndy, “Hari ini Tuhan masih memberi kesempatan Kepada Kita untuk merayakan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019. Untuk itu, marilah kita bersama-sama bermunajat, memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Pemurah, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya untuk Kita dan seluruh rakyat Indonesia. Sebagaimana Kita ketahui, tanggal 2 Mei diambil dari hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara. Tokoh pahlawan nasional sekaligus Bapak Pendidikan Nasional. Mudah-mudahan Tuhan Yang Maha Pengasih memberi kedudukan yang mulia kepada Beliau dan para pahlawan, khususnya para pejuang pendidikan yang telah mendahului Kita.” sambutan Bapak Djoko Nugroho saat menyampaikan sambutan Mendikbud, Muhadjir Effendy.

Perkembangan teknologi yang semakin canggih, dapat mempengaruhi cara berpikir, berperilaku dan karakter peserta didik. Peserta didik harus memiliki karakter dan jati diri bangsa di tengah perubahan global yang bergerak cepat”, pesan Mendikbud saat dibacakan Bupati Blora.

“Saat ini peserta didik Kita didominasi Generasi Z yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi. Mereka lebih mudah dan cepat menyerap teknologi baru. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh sekolah dan para guru untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia melalui tri pusat pendidikan : keluarga, sekolah, dan masyarakat”, sambutan Mendikbud saat dibacakan Bupati Blora.

Mendikbud juga berharap, “Melalui momentum Hari Pendidikan Nasional ini, marilah Kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumberdaya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, keterampilan dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif”.

Di akhir upacara dilanjutkan dengan penyerahan piala kejuaraan dan Tenaga Kependidikan Berprestasi serta Berdedikasi, O2SN, OSN, FLS2N, Sekolah Sehat, Pendidik tingkat SD dan SMP oleh Bupati Blora Bapak Djoko Nugroho.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*