Program Pendidikan Kecakapan Hidup

Menurut UU RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pendidikan Kecakapan Hidup (Live Skill) adalah pendidikan yang memberikan kecakapan intelektual dan kecakapan vokasional untuk bekerja atau usaha mandiri.

Untuk mewujudkan pendidikan kecakapan hidup tersebut, bahwa dalam rangka memberikan pengalaman belajar yang bearti bagi masyarakat sesuai dengan apa yang dibutuhkan di dalam kehidupan sehari-hari, sebagai agenda rutin Dinas Pendidikan Kabupaten Blora melalui bidang PAUD dan DIKMAS menyelenggarakan kegiatan pelatihan membatik selama empat hari mulai 27-30 Juli 2020. Pelatihan dilaksanakan di Dukuh Serut, Desa Dringo Kecamatan Todanan yang diikuti oleh 20 peserta yang semuanya baru pertamakalinya mengikuti pelatihan membatik. Narasumber dalam pelatihan ini profesional di bidangnya, beliau adalah Bapak Soni.

Peserta pelatihan membatik sangat antusias karena pada kesempatan itu mendapatkan support, arahan dan bimbingan dari Ketua DEKRANASDA Kabupaten Blora Ibu Dra. Hj. Umi Kulsum Djoko Nugroho. Dalam arahannya, Beliau menyampaikan agar peserta bersungguh-sungguh untuk mengikuti kegiatan pelatihan itu sebagai modal keterampilan atau kecakapan untuk bekerja atau usaha mandiri. Beliau juga berharap pelatihan ini tetap berkelanjutan dan menjadi embrio yang nantinya Desa tersebut memiliki icon ataupun unggulan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*