Pembinaan Guru Tidak Tetap SD dan SMP Tahun 2020 di Lingkungan Di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Blora

DISDIK BLORA-Profesi pada hakikatnya adalah suatu pernyataan yang menyatakan bahwa seseorang itu mengabdikan dirinya pada suatu jabatan atau pelayanan untuk menjabat dan menjalankan pekerjaan tersebut. Guru merupakan seorang pengajar di sekolah negeri ataupun swasta yang memiliki kemampuan berdasarkan latar belakang pendidikan formal minimal berstatus sarjana.

GTT (Guru Tidak Tetap) Sekolah Negeri adalah guru yang diangkat Kepala Sekolah selama jangka waktu tertentu berdasarkan kebutuhan pada satuan pendidikan (sekolah).

Pembinaan guru merupakan serangkaian bantuan yang berwujud layanan profesional yang diberikan oleh seorang ahli (Kepala Sekolah, pemilik Yayasan, Pengawas dan ahli lainnya) kepada guru, agar guru tersebut dapat meningkatkan kualitas mengajar, proses dan hasil belajar sehingga tujuan pendidikan yang telah direncanakan dapat tercapai dengan baik.

Mengingat pentingnya pembinaan guru, Dinas Pendidikan Kabupaten Blora melalui Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan melaksanakan pembinaan GTT (Guru Tidak Tetap) yang diselenggarakan di Aula B mulai Tanggal 22 September – 14 Oktober 2020. Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Hendi Purnomo, S.STP,MA dengan didampingi Kabid GTK Sujianto, SE serta Kasi Disiplin dan Kesejahteraan Guru Yusuf Fitri, S.IP yang dihadiri GTT (Guru Tidak Tetap) SD dan SMP.
Bertindak sebagai Narasumber dalam kegiatan tersebut Namin AB Ibnu Solihin founder pendidikan yang disampaikan secara virtual.

Dalam sambutan Kabid GTK Sujianto, SE menyampaikan bahwa,”Kegiatan ini sebagai upaya membantu optimalisasi tugas kerja GTT di Satuan Pendidikan dalam masa New Normal sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik.

Materi yang disampaikan dalam pembinaan tersebut diantaranya memahami media-media pembelajaran Daring, memahami komunikasi antar generasi, memahami pembelajaran era 4.0 dan menjadi guru kreatif dalam masa New Normal”.

Kemudian dilanjutkan sambutan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Hendi Purnomo,S.STP,MA menyampaikan bahwa,”Dalam masa pandemi ini pembelajaran belum bisa maksimal dan kurikulum belum mencapai target. Berharap Bapak/Ibu guru bisa berkreativitas. Peranan Bapak/Ibu guru Sangat kental sekali diStuan pendidikan masing-masing. Saya berharap jaga kondisi kesehatan keluarga, lingkungan dan masyarakat. Terkait dengan peningkatan kompetensi, teman-teman non ASN ini tetap semangat. Saya akan berusaha terkait hak dan kewajiban karena sudah melaksanakan tugas dengan baik, tetap harus Kita pikirkan sesuai dengan kemampuan Kita. Selamat mengikuti pembinaan, tegas Hendi”.

4 Comments

  1. Sekarang masa pandemi, waktu yang tepat untuk pembinaan dan pelatihan bagi guru-guru khusunya IT

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*