Gebyar Paud Kabupaten Blora Tahun 2022

DISDIK-Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Blora menggelar Gebyar PAUD dengan mengusung tema Tahun ini “Merdeka Bermain, Anak Cerdas, Ceria dan Kreatif” .

Pada penyelenggaraan Gebyar PAUD Tingkat Kabupaten Blora Tahun 2022 berpedoman pada UU Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan anak, UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Kegiatan ini dibuka langsung secara resmi oleh Bunda PAUD Kabupaten Blora Hj. Ainia Shalichah,SH.,M.Pd.AUD.,M.Pd.BI di Pendopo Dinporabudpar Kabupaten Blora yang dihadiri Kepala Bidang Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Bunda PAUD Kecamatan se-Kabupaten Blora, Korwil Biddik Kecamatan se-Kabupaten Blora, Pengawas TK se-Kabupaten Blora, Pengurus Pokja II TP PKK Kabupaten Blora, Ketua Himpaudi dan IGTKI Kabupaten Blora, Ketua Himpaudi dan IGTKI Kecamatan se-Kabupaten Blora, Bapak/Ibu Pendidik PAUD KB dan TK, anak-anak Gebyar PAUD tingkat Kabupaten, Dharmawanita Dinas Pendidikan Kabupaten Blora.

Dalam sambutan Ketua Penyelenggara yaitu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Aunur Rofiq,SE.,M.Si menyampaikan,”Puji Syukur, Alhamdulillah atas rahmat, hidayah, Allah SWT pada pagi ini Kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan sehingga dapat menyaksikan pembukaan Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini Tingkat Kabupaten Blora Tahun 2022. Tujuan kegiatan ini yaitu : (1) Memotivasi bermain dan belajar serta mengembangkan potensi bakat yang dimiliki anak usia dini seoptimal mungkin, (2) Meningkatkan motivasi Tenaga Pendidik dalam melaksanakan tugas pembelajaran dan pengembangan anak usia dini, (3) Menyentuh perkembangan bahasa, motorik, kepekaan, irama musik, rasa percaya diri serta keberanian mengambil resiko. Peserta dari Gebyar PAUD adalah anak usia dini yang terlayani pada Lembaga PAUD antara lain TK, KB dari masing-masing Kecamatan sejumlah 18 anak sehingga jumlah peserta sekitar 228 anak. Jenis lomba untuk anak PAUD Kelompok Bermain, yaitu : Memindahkan bendera sesuai warna, mengelompokkan biji-bijian, gerak lagu, melempar dan menangkap bola. Jenis lomba untuk anak TK yaitu : Tari Siminal-Siminul, menggambar dan mewarnai, bola tangan, tembang jowo dengan diiringi alat perkusi buatan sendiri. Hadiah juara 1,2,3 mendapat piala dan uang pembinaan. Juara harapan 1, harapan 2, harapan 3 mendapat piala. Penyelenggaran Gebyar PAUD Tingkat Kabupaten Blora ini dibiayaioleh APBD Kabupaten Blora Tahun 2022″, tegasnya.

Dilanjutkan sambutan dan pengarahan dari Bunda PAUD Kabupaten Blora, Hj. Ainia Shalichah,SH.,M.Pd.AUD.,M.Pd.BI menyampaikan,”Puji syukur kehadirat Allah, SWT pagi hari ini Kita bisa berkumpul mengadakan Gebyar PAUD dalam kesehatan wal’afiat sehIngga acara ini berjalan dengan lancar sampai akhir dan semoga bermanfaat untuk Kita. Alhamdulillah Gebyar PAUD sudah terlaksana pada hari ini”.

“Saya bangga sekali Ananda Kita besok menjadi generasi emas. Tolong Bapak/Ibu Kita bersama-bersama untuk pencegahan stunting dan menangani stunting, dan menjadikan Kabupaten Blora ini jangan ada New Stunting. Mari Kita selesaikan bersama-sama dan Kita mencegah untuk tidak timbul stunting baru. Cara untuk di tingkat Satuan TK, mengikuti HI (Holistic Integratif) ini PR Kita. Tolong, Bunda PAUD Kecamatan, Bunda PAUD Desa, Ayah/Ibu guru pengelola Satuan PAUD, sampai guru di tingkat PAUD dan DESA menjadikan paud Holistic Integratif ini aktif. Ini salah satu hal yang memang kalau segala sesuatunya terencana dengan baik, diprogram dengan baik, di setting dengan baik, dengan sistem yang baik, hasil juga akan maksimal hasil akan terlihat. Insyaallah Anak-anak akan betul menjadi anak generasi cemerlang, anak sehat, cerdas dan berbudi pekerti yang luhur”.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*