Kegiatan Penyusunan Profil Pendidikan Tahun 2022

DISDIK-Dinas Pendidikan Kabupaten Blora melalui Subbag Program menyelenggarakan Penyusunan Profil Pendidikan Tahun 2022 yang diselenggarakan di Hotel Kaliurang, Yogyakarta selama dua hari mulai tanggal 23 hingga 24 November 2022.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas, Aunur Rofiq,SE.,M.Si didampingi Sekretaris Dinas, Kabid, Kasi beserta Kasubbag.

Aunur Rofiq menyampaikan rasa terimakasih karena telah mensukseskan acara ini, yang berkaitan dengan Profil Pendidikan.

“Dapodik ini merupakan penunjang utama. Seperti teknis terkait dengan Kurikulum. Tetapi, itu tidak kalah penting Kurikulum ditunjang dengan Sarpras, dsb yang kuncinya ada di Dapodik,” tegasnya.

Dapodik merupakan hal yang sangat penting didalam Pendidikan. Tidak hanya di Bidang Sarpras saja, dari Bidang GTK, Bidang Pembinaan Dikdas, dasarnya juga Dapodik. Begitu juga dengan Rapor Pendidikan, juga ada yang diambil dari Dapodik. Penilaian-penilaian tertentu ngambilnya juga dari Rapor Pendidikan.

Aunur Rofiq berharap agar para peserta membimbing teman-teman yang ada di kecamatan masing-masing. Kita dari Dinas Pendidikan Kabupaten Blora berusaha semaksimal untuk menemani Operator Dapodik.

Sementara itu, Sekretaris Dinas, Widodo,S.Pd.,M.Pd.,menyampaikan bahwa peran Operator Dapodik sangat luar biasa, baik itu berkaitan dengan pengelolaan SDM guru dan siswa maupun sarana prasarana. Sehingga jika data itu salah, berkaitan dengan nasib orang, baik itu guru honorer, P3K, maupun sekolah. Selain itu juga berkaitan dengan siswa ini juga penting.

“Saya berharap Bapak/Ibu Kepala Sekolah, Operator non Kepala Sekolah ada persamaan persepsi. Sehingga kedepan Bapak/Ibu tidak dituntut. Jadi di Dapodik juga berpengaruh pada program yang akan dilakukan di Tahun yang akan datang,” ucapnya.

“Sekarang Perencanaan Berbasis Data. Termasuk di Sekolah bagaimana cara membuat perencanaan dan basisnya adalah data Bapak/Ibu semuanya di Dapodik. Mari memperbaiki data Kita supaya nanti saling terintegrasi dengan data-data yang lain termasuk dengan kependudukan, Instansi yang lain,” tambahnya.

Peserta kegiatan merupakan Koordinator Operator Dapodik jenjang SD dan SMP setiap Kecamatan se-Kabupaten Blora dan staf tiap bidang Dinas Pendidikan Kabupaten Blora yang terkait.

Adapun bertindak sebagai Narasumber yaitu dari Operator Dapodik Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Alfata Yasin.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*