Hardiknas 2023 Kabupaten Blora jadi Ajang Pameran Kreatif dan Inovatif bagi Sekolah

DISDIK-Dinas Pendidikan Kabupaten Blora menggelar Gebyar Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023. Acara ini diselenggarakan mulai tanggal 23, 24, 25 Mei 2023 dengan beberapa kegiatan. Rangkaian acara kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya.

Kegiatan ini bekerjasama dengan Literatour Indonesia sebagai Event Organizer (EO) pada tanggal 19, 20, dan 22 Mei 2023, sedangkan tanggal 23 hingga 25 Mei 2023 untuk pameran gelar karya hingga closing ceremony penyerahan hadiah lomba.

Kepala Dinas, Aunur Rofiq,SE.,M.Si dalam acara pembukaan Gebyar Hardiknas Tahun 2023 yang diselenggarakan di halaman kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, menyampaikan bahwa bentuk kegiatan Gebyar Hardiknas Tahun 2023 merupakan kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional dengan rangkaian upacara Hardiknas pada tanggal 2 Mei, jalan santai yang bekerjasama dengan Radar Bojonegoro dan lomba-lomba yaitu lomba baca puisi SD, SMP, Cerdas Cermat, Kerawitan SD, lomba Band SMP, mendongeng untuk guru PAUD.

“Kegiatan ini dirangkaikan dengan launching penanganan Anak Tidak Sekolah (ATS) dengan program Gerakan GERBAMAS yaitu Gerakan Bersama Kembali Masuk Sekolah, Launching Kartu Blora Pintar dan Launching Surat Edaran dari Bapak Bupati Blora terkait Baca Tulis Al Qur’an (BTA),” tegas Aunur Rofiq.

Aunur Rofiq pada kesempatan itu juga menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah memfasilitasi peserta didik untuk memamerkan hasil karyanya, sebagai ajang promosi sekolah, dan sebagai wadah belajar kewirausahaan.

“Peserta kegiatan ini diikuti Korwil Biddik sebanyak 16, SMP sebanyak 27 stand, MTs sebanyak 2 stand, PAUD dan Dikmas sebanyak ada 4 stand, Bank Jateng, BPR BKK Blora, dan Dekranasda,” tambahnya.

Dilanjutkan Bupati Blora, H. Arief Rohman,S.IP.,M.Si menyampaikan apresiasi kepada seluruh panitia dan seluruh jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Blora dan juga para pelajar, Kepala Sekolah yang sudah mempersiapkan acara ini dan hasil karyanya yang luar biasa dan inovatif sebagai bagian dari rangkaian Gebyar Hardiknas Tahun 2023 yang dipamerkan pada hari ini (23/5/2023) sampai dengan hari Kamis, (25/5/2023).

“Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Kurikulum Merdeka. Dengan adanya Projek ini Satuan Pendidikan mengalokasikan waktu agar bisa bekerja secara kolaboratif. Kolaborasi akan menjadi kunci sukses atau tidaknya sebuah Projek dalam pelaksanaan Project, guru-guru harus berkolaborasi secara lintas ilmu untuk merencanakan, memfasilitasi, dan menjalankan asesment,” tegasnya.

Bupati juga menyampaikan semangat dari P5 ini terkait dengan sekolah Adiwiyata, diharapkan sekolah-sekolah ini juga mendukung dengan lingkungan hidup agar sekolah ini bisa lebih sejuk.

Hari ini juga ada rangkaian terkait dengan peluncuran Penanganan Anak Usia Sekolah yang tidak sekolah di Kabupaten Blora serta peluncuran secara simbolis ditandai dengan pemukulan gong digital dan penyerahan simbolis Kartu Blora Pintar.

Hadir dalam kegiatan Gebyar Hardiknas Kabupaten Blora, Bunda PAUD Kabupaten Blora, Wakil Bupati Blora , Sekretaris Daerah Kabupaten Blora, Kepala Kemenag Kabupaten Blora, Kepala OPD, Ketua PGRI Kabupaten Blora, HIMPAUDI, Ketua IGTKI, Korwil Biddik Kecamatan se Kabupaten Blora, Kepala SMP Negeri maupun swasta se Kabupaten Blora.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*