Gebyar PAUD Jadikan Ajang Kreativitas Siswa

DISDIK-Dinas Pendidikan Kabupaten Blora bekerjasama dengan Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Kabupaten Blora melaksanakan kegiatan Gebyar PAUD Tahun 2023 tingkat Kabupaten Blora bertema “Tumbuh Berkarakter Menuju Generasi Hebat Melalui Merdeka Bermain” diikuti oleh perwakilan 16 Kecamatan se-Kabupaten Blora.

Bunda PAUD Kabupaten Blora, Hj. Ainia Shalichah, ,S.H,.M.Pd,AUD.,M.Pd.,BI didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Aunur Rofiq,S.E.,M.Si. di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora.

Acara diawali dengan penampilan tari Candi Ayu adik-adik dari Belia SKB dan Wonderland Indonesia dari TK Pertiwi Setda Blora yang tampak ceria dan semangat.

Sebagai ketua penyelenggara kegiatan Gebyar PAUD, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Aunur Rofiq,S.E.,M.Si menyampaikan bahwa hari ini merupakan puncak dari rangkaian Gebyar PAUD dari tingkat Kecamatan.

“Lomba ini terdiri dari 2 kategori, antara lain kategori Kelompok Bermain (KB) dengan jenis lomba memindahkan bola sesuai warna, bergerak bebas sesuai irama musik, menggambar menggunakan tangan tanpa alat, bergerak sesuai irama musik daerah dan kategori Taman Kanak-kanak yaitu antara lain Sepak Bola Tanpa Penjaga Gawang, Membuat Kolase di Tampah, Tembang Jowo Daerah dan Barongan. Peserta kegiatan ini antara lain semua siswa-siwi PAUD se-Kabupaten Blora yang merupakan juara di masing-masing Kecamatan sebanyak 304 anak,” tegas Aunur Rofiq.

Selain itu, Aunur Rofiq juga menyampaikan dengan turunnya Episode ke-24 yaitu terkait Transisi PAUD ke SD, ada 3 hal yang harus diperhatikan, yaitu : (1) Penerimaan Peserta didik SD tidak boleh ada tes Calistung, (2) MPLS (Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah) di SD selama 2 minggu, (3) Pembelajaran yang menyenangkan.

“Insyaallah Bulan ini Kita adakan Episode ke-24 terkait Transisi PAUD ke SD,” tambahnya.

Sementara itu, Bunda PAUD Kabupaten Blora Hj. Ainia Shalichah, ,S.H,.M.Pd,AUD.,M.Pd.,BI menyampaikan kegiatan Gebyar PAUD ini bagian dari program setiap tahun.

“Senang sekali, ini merupakan ajang yang ditunggu-tunggu. Harapannya tidak hanya setahun sekali, karena anak bisa keluar dari kelasnya, sekolahnya, wilayahnya, ketemu lingkungan baru, bertemu orang dewasa, bertemu orang baru itu pengetahuan buat mereka secara disadari maupun tidak. Dengan ini mengajak anak percaya diri anak karena harus bersaing yang lebih baik dengan sekolah lain, menumbuhkan rasa percaya diri, membuat anak lebih kreatif dengan apa yang dilakukan anak mempunyai perkembangan ide-ide serta menumbuhkan sportivitas,” tegas Bunda PAUD.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*