Workshop Pembinaan Kelembagaan dan Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)

Dinas Pendidikan Kabupaten Blora hari Rabu (22/3) dan Kamis (23/3) yang lalu menyelenggarakan Workshop Pembinaan Kelembagaan dan Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di satuan pendidikan dasar tahun 2017. Acara yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Drs. Achmad Wardoyo, M.Pd ini bertempat di Auala SD Negeri Tempelan Blora.

Sebanyak 90 Kepala Sekolah dari SD dan SMP se-Kabupaten Blora turut serta menghadiri acara ini. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah ini merupakan model pengelolaan yang memberikan otonomi atau kemandirian kepala sekolah dan mendorong pengambilan keputusan partisipatif yang melibatkan semua warga sekolah sesuai dengan standar pelayanan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat, kabupaten dan kota.

Pada prinsipnya, MBS ini berpijak pada power sharing, dimana seluruh warga sekolah dan masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif untuk mencapai tujuan sekolah. Kepala sekolah disini akan berperan sebagai fasilitator dalam partisipasi bersama ini.

Tuntutan kebutuhan masyarakat terhadap hasil pendidikan yang dipengaruhi perkembangan kebijakan social, politik,ekonomi, dan budaya menjadi alasan adanya kebijakan MBS ini. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian warga sekolah, meningkatkan kompetisi  yang sehat antar sekolah, serta memberdayakan potensi sekolah untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*