Bimbingan Teknis Pemanfaatan Akun belajar.id

DISDIK-Teknologi memiliki peran penting dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran Pemerintah melalui Kemdikbudristek yang telah memperkenalkan teknologi pembelajaran berupa Akun Pembelajaran. Akun Pembelajaran merupakan akun elektronik dengan domain belajar.id yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk mengakses aplikasi pembelajaran berbasis elektronik.

Dalam rangka mendukung kegiatan pembelajaran peserta didik, pendidik, dan Tenaga Kependidikan (Kepala Sekolah dan Operator) dalam mendukung proses pembelajaran di Satuan Pendidikan masing-masing khususnya dengan media akun pembelajaran, maka Dinas Pendidikan Kabupaten Blora melalui Seksi Pembinaan SD menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Akun belajar.ID Jenjang SD Tingkat Kabupaten Blora Tahun 2023.

Dalam laporan kegiatan yang disampaikan Kasi Pembinaan SD Buana Adi Nugroho menyampaikan bahwa tujuan kegiatan Bimbingan Teknis Pemanfaatan akun belajar.id jenjang SD tingkat Kabupaten Blora tahun 2023 untuk mendorong pendidikan dan tenaga kependidikan di daerah masing-masing untuk melakukan aktivasi akun belajar.id serta pengimbasan Google Master Planner.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Titik Umiyati,S.Pd.,M.Si didampingi Kasi Pembinaan SD Buana Adi Nugroho,S.Pd.,M.Pd. yang dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 27 hingga 28 November 2023 di Aula B Dinas Pendidikan Kabupaten Blora mulai Pukul 07.30 WIB-selesai. Peserta Bimtek sejumlah 120 orang yang merupakan perwakilan operator sekolah dari 16 Kecamatan se Kabupaten Blora. Bertindak sebagai Narasumber yaitu dari Co Capten Kabupaten Blora belajar.id dari SDN Candi., Syafi’i.

Pada kesempatan tersebut, Titik menyampaikan bahwa Kunci Keberhasilan ada di tangan Bapak/Ibu guru. Tolong dimaksimalkan dalam penggunaan akun belajar.id. Terkait perubahan apapun segera ditindaklanjuti karena itu efeknya dipembelajaran.

Setelah mengikuti webinar ini peserta diharapkan mampu : (1) Mengidentifikasi aktivasi akun pembelajaran ; (2) Mengajukan akun siswa ; (3) Mengganti password secara mandiri ; (4) Memanfaatkan PMM dengan akun belajar.id ; (5) Memanfaatkan Canva dengan akun belajar.id

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*