Sosialisasi Program Indonesia Pintar dan Program Blora Pintar

DISDIK-Dinas Pendidikan Kabupaten Blora melalui Seksi Pembinaan SMP menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Program Indonesia Pintar (PIP) dan Program Blora Pintar yang dipimpin Kasi Pembinaan SMP Dian Ahmad Kindarto,S.Pd.SD,M.Pd didampingi Narasumber dari SMKN 1 Jepon Dr. S. Andika Cahya Ari Wibowo, M.Pd. dan perwakiln Koordinator Pengawas SMP di Aula B Dinas setempat, Rabu (31/1/2024).

Pada kesempatan tersebut, Kasi Pembinaan SMP, Dian Ahmad Kindarto,S.Pd.,SD.,M.Pd Program Blora Pintar merupakan Program Pemda berupa pemberian beasiswa untuk (1) meningkatkan akses bagi anak usia lima tahun sampai dengan 18 tahun dan pendidikan kesetaraan dari keluarga tidak mampu untuk mendapatkan layanan pendidikan yang berkualitas, (2) Mencegah peserta didik dari keluarga tidak mampu yang berpotensi putus sekolah atau tidak dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, (3) Menarik siswa putus sekolah agar kembali mendapatkan layanan pendidikan baik di satuan pendidikan formal atau satuan pendidikan non formal, dan (4) Meningkatkan Angka Partisipasi Sekolah (APS).

“Kami berharap kegiatan PIP atau Blora Pintar sebelumnya sudah ada persiapan persyaratan untuk pemilihan siswa. Pada dasarnya antara PIP dan Blora Pintar adalah DTKS, yang tidak tercover di PIP dan PKH dimasukkan di Program Blora Pintar. Untuk peserta didik SMP menerima sebesar Rp 750.000,00 per orang setiap tahunnya,”tegas Kasi Pembinaan SMP.

Sementara itu, Dr. S. Andika Cahya Ari Wibowo, M.Pd. menyampaikan bahwa diadakan sosialisasi PIP ini agar dana betul-betul tersalurkan ke anak dan untuk merefreh kembali permasalahan-permasalahan seputar PIP.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*