Bimbingan Teknis UKS dan Kampanye Sekolah Sehat, Adiwiyata dan Pencegahan Perundungan Jenjang SMP Tahun 2024

DISDIK-Dinas Pendidikan Kabupaten Blora melalui Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis UKS dan Kampanye Sekolah Sehat, Adiwiyata dan Pencegahan Perundungan Jenjang SMP Tahun 2024.

Bimtek dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Irfan Agustian Iswandaru, AP, M.Si didampingi Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Titik Umiyati, S.Pd.,M.Si dan Kasi Pembinaan SMP Dian Ahmad Kindarto,S.Pd,SD di Aula B Dinas setempat, Senin (5/1/2024).

Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Titik Umiyati, S.Pd.,M.Si menyampaikan bahwa Bimbingan Teknis UKS dan Kampanye Sekolah Sehat, Adiwiyata dan Pencegahan Perundungan Jenjang SMP Tahun 2024 bertujuan untuk : (1) Memahami tentang latar belakang dan pentingnya penerapan UKS termasuk Trias UKS dan Manajemen UKS, (2) Pentingnya penerapan PHBSdi sekolah untuk mewujudkan Sekolah Sehat di Kabupaten Blora, sekaligus upaya Dinas Pendidikan dalam Kampanye Sekolah Sehat (3) Mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup dalam program Adiwiyata Satuan Pendidikan, (4) Pencegahan perundungan dan tindak kekerasan yang terjadi di Satuan Pendidikan.

Bertindak sebagai Narasumber yaitu : (1) Titik Umiyati,S.Pd.,M.Si selaku Ketua Tim Satgas Pencegahan Kekerasan dan Perundungan Kabupaten Blora (Dinas Pendidikan Kabupaten Blora), (2) dr. Diah Pusparini, M.H (Dinas Kesehatan), (3) Nanik Sri Mulyaningsih, S.KM, M.Si (Dinas Kesehatan), (4) Tisna Cahyamita, M.Si.Psikolog (Dinas Kesehatan), (5) Anggun Yohana Purwa, S.H (Dinas Lingkungan Hidup), (6) Lindung Arum Setyawan,S.T (Dinas Lingkungan Hidup)

Dalam sambutan Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Irfan Agustian Ifandaru, A.P, M.Si menyampaikan pada kesempatan ini Bapak/Ibu Guru dan Kepala Sekolah kita bersama memiliki tanggung jawab yang sama terkait menciptakan lingkungan sekolah terutama Sekolah Menengah Pertama (SMP) di lingkungan yang nyaman dan aman bagi bagi peserta didik Kita. Tiga tema tersebut bukanlah sesuatu yang baru tetapi untuk menyegarkan kembali perlu diberikan informasi-informasi yang terkini terkait dengan UKS, Sekolah Sehat Adiwiyata dan juga terkait dengan perundungan. Oleh karena itu Bapak/Ibu Guru dan Kepala Sekolah ini menjadi tanggung jawab bersama di Satuan Pendidikan masing-masing tentunya di Kabupaten Blora.

“Sekolah Adiwiyata tentu Kabupaten Blora sudah cukup lama berpartisipasi di tingkat SMA, SMP, SD semua sudah ditentukan beberapa Satuan Pendidikan yang menjadi Pilot Project mewakili Kabupaten Blora dan juga mendapatkan apresiasi,” tegas Irfan

Selanjutnya, Irfan juga menyampaikan untuk memenuhi kriteria pendidikan fasilitas UKS yang baik,memberikan suasana nyaman sekolah dengan kategori sehat Adiwiyata juga menciptakan lingkungan yang nyaman bagi siswa-siswi. Manakala salah satu siswa mendapatkan perundungan tentu akan mengecilkan cita-cita, rasa percaya diri anak-anak sehingga akan berimbas pada pola pikir dan cara tindak siswa dalam belajar dan meraih masa depannya.

Kegiatan Bimbingan Teknis UKS dan Kampanye Sekolah Sehat, Adiwiyata dan Pencegahan Perundungan jenjang SMP tahun 2024 dilaksanakan mulai tanggal 5-7 Februari 2024 yang diikuti peserta yaitu 102 Kepala SMP di Aula B dan 102 Guru di Aula C Dinas Pendidikan Kabupaten Blora.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*