Sosialisasi Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Satuan Pendidikan Kabupaten Blora Tahun 2024

DISDIK-Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Titik Umiyati menyampaikan ada beberapa tujuan diselenggarakannya Sosialisasi BOSP Kabupaten Blora tahun 2024.

Hal itu disampaikan pada kegiatan Sosialisasi Petunjuk Teknis BOSP Kabupaten Blora tahun 2024 yang berlangsung di Aula B Dinas Pendidikan Kabupaten Blora.

Menjalin komunikasi yang efektif dan berdaya guna antara Pemerintah Daerah dengan Satuan Pendidikan melalui Dinas Pendidikan dalam upaya mengimplementaskan Merdeka Belajar pada jenjang SD se Kabupaten Blora.

Dikatakannya, tujuan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan dapat mentransformasikan pendidikan sehingga diperoleh Sumber Daya Manusia Unggul yang memiliki Profil Pelajar Pancasila. Selain itu, mendorong semua satuan pendidikan secara mandiri melakukan pengelolaan dan pelaporan Dana BOSP yang telah disediakan oleh Pemerintah sesuai harapan sehingga dapat diraih hasil yang lebih optimal.

“Tolong Petunjuk Teknis dan Pendampingan dari tim BOSP ini mohin untuk diindahkan, agardi tahun 2024 ini nanti tidak ada kendala dan permasalahan yang urgent. Sehingga nanti bisa merugikan sekolah. BOSP (Bantuan Operasional Satuan Pendidikan) itu adalah dana operasional, jadi segala sesuatu yang diatur di Petunjuk Teknis BOSP ini jangan sampai salah melangkah belanja di luar Petunjuk Teknis,” tegas Titik.

Sosialisasi Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Satuan Pendidikan Kabupaten Blora tahun 2024 dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Irfan Agustian Iswandaru,AP.,M.Si di Aula B Dinas setempat, (12/2/2024).

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Irfan Agustian Iswandaru,AP.,M.Si menyampaikan bahwa pelaksanaan BOSP Kabupaten Blora sejauh ini mendapat catatan yang baik bahkan mendapatkan apresiasi dari Kemendikbud. Itu sebabnya kunjungan Bapak Presiden di tetapkan di Magelang dan di Blora.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kinerja Bapak/Ibu semuanya. Untuk itu perlu dipertahankan tentunya diawali dengan Bimbingan Teknis untuk di tahun 2024 ini. Tentunya mutu dan kualitas pendidikan ini juga berbanding lurus dengan pembiayaan. Oleh karena itu disampaikan bahwa Pemerintah menetapkan selain BOSP juga ada Program Indonesia Pintar (PIP) semuanya untuk menjamin kebutuhan standar minimal penyelenggaraan pendidikan dasar, menengah, maupun tinggi. Selain BOSP, PIP juga menyentuh di semua level. Oleh karena itu pada kesempatan ini Bapak/Ibu mari Kita ikuti bersama Sosialisasi Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Satuan Pendidikan ini yang dijadwalkan mulai hari Senin (12/2/2024) sampai dengan (1/3/2024) libur di hari Rabu (14/2/2024).

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Irfan Agustian Iswandaru, AP.,M.Si juga berharap dengan terselenggaranya Sosialisasi Petunjuk Teknis BOSP Kabupaten Blora tahun 2024 ini bisa mendapatkan informasi terbaru. Prinsip pengelolaannya tidak jauh berbeda tentunya memenuhi azas akuntabilitas dan bisa dipertanggungjawabkan dengan baik dan ini tentu akan membawa nama baik kinerja pendidikan di Kabupaten Blora.

“Terima kasih atas partisipasi Bapak/Ibu semuanya, mari Kita laksanakan ini dengan baik dengan norma-norma dan kaidah yang sudah ditentukan. Semoga bisa membawa manfaat bagi dunia pendidikan dan bagi Kita semuanya. Selamat mengikuti Bimtek,” tambahnya.

Peserta Sosialisasi Petunjuk Teknis BOSP dari Kepala SD Negeri/Swasta, Bendahara BOSP dan Korwil Biddik Kecamatan se Kabupaten Blora sejumlah 1200 orang bertempat di aula B Dinas Pendidikan Kabupaten Blora yang terdiri dari Korwil Blora 123 orang, Korwil Japah 49 orang, Korwil Banjarejo 75 orang, Korwil Jiken 59 orang, Korwil Jati 69 orang, Korwil Kradenan 61 orang, Korwil Kunduran 85 orang, Korwil Sambong 47 orang, Korwil Tunjungan 73 orang, Korwil Bogorejo 45 orang, Korwil Randublatung 107 orang, Korwil Ngawen 77 orang, Korwil Kedungtuban 75 orang, Korwil Cepu 77 orang, Korwil Todanan 91 orang, Korwil Jepon 87 orang.

Bertindak sebagai Narasumber dari Inspektorat Blora, BPPKAD Blora, Kasubbag Keuangan Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar, Kasi Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kabupaten Blora.

Dana yang digunakan berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Blora Tahun Anggaran 2024.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*