Pelepasan Peserta Program Kampus Mengajar Angkatan 7 Tahun 2024 Kabupaten Blora

DISDIK-Program Kampus Mengajar merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Program Kampus Mengajar memasuki angkatan ketujuh dan saat ini seluruh rangkaian tahapan seleksi telah selesai dilaksanakan. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa akademik ataupun vokasi untuk belajar di luar kampus selama satu semester dengan menjadi mitra guru dalam proses pembelajaran. Program Kampus Mengajar juga mengupayakan peningkatan literasi numerasi siswa di sekolah penugasan.

Kegiatan Pelepasan Peserta Program Kampus Mengajar Angkatan 7 Tahun 2024 Kabupaten Blora dipimpin langsung oleh Kabid GTK, Mujo Sugiyono, S.Pd.,M.Pd didampingi Kasi Administrasi Mutasi GTK, Sumarno,S.E.,M.M di Ruang MMC Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Senin (19/2/2024).

Kasi Administrasi Mutasi GTK Sumarno, S.E.,M.M menjelaskan bahwa Program Kampus Mengajar Angkatan 7 Tahun 2024 ini akan dilaksanakan mulai tanggal 26 Februari hingga 16 Juni 2024. Peserta Program Kampus Mengajar Angkatan 7 Tahun 2024 sejumlah 63 orang Mahasiswa dari Perguruan Tinggi IKIP PGRI Bojonegoro, Universitas Negeri Semarang, Universitas Bina Sarana Informatika, Universitas Islam Sultan Agung, Akademi Keperawatan Yappi Sragen, Universitas PGRI Semarang, IKIP PGRI Bojonegoro, Universitas PGRI Semarang. Adapun sekolah yang dituju yaitu SDN 3 Pengkolrejo, SDN Sumurboto, SDN 1 Semampir, SMPN 2 Kedungtuban, SDN Pulo, SMP Muhammadiyah 2 Kradenan, SDN 2 Kunduran, dan SMPN 3 Randublatung.

“Selamat datang di Dinas Pendidikan untuk mengikuti Pelepasan Program Kampus Mengajar Angkatan 7 di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Blora. Penugasan Kampus Mengajar ini akan dilaksanakan mulai tanggal 26 Februari sampai 16 Juni 2024 dan nanti akan disebar ke 10 sekolah sasaran SD, SMP, SMA, SMK. Untuk kriteria pelaksanaan Program Kampus Mengajar ini kami sudah melaksanakan Sosialisasi lewat zoom meeting,”.

Sumarno juga berpesan untuk dosen pembimbing lapangan harapannya nanti setelah mahasiswa Kampus Mengajar ini di sekolah sasaran untuk membimbing peserta didik yang ada di sekolah sasaran dan Bapak/Ibu dosen pembimbing lapangan bisa menyesuaikan diri dengan peserta mahasiswa Kampus Mengajar di sekolah sasaran masing-masing.

Selanjutnya, Kabid GTK Mujo Sugiyono, S.Pd.,M.Pd menyampaikan selamat datang di Kabupaten Blora. Kegiatan Program Kampus Mengajar ini merupakan bagian dari kebijakan bagian dari Merdeka Mengajar dan sudah dilaunching oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

“Kegiatan Kampus Mengajar ini untuk membantu Pemerintah dalam rangka meningkatkan literasi dan numerasi kita, terutama di Kabupaten Blora. Sehingga minat baca murid lebih tinggi. Satu-satunya pintu agar literasi numerasi naik anak didik Kita harus banyak membaca. Tolong nanti supaya pembawaan menyampaikan segala sesuatunya kepada anak didik kita dengan bahasa yang mudah dipahami sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik kita,” tegas Mujo.

Kabid GTK Mujo juga menyampaikan terima kasih kepada para dosen pembimbing lapangan yang telah mengarahkan kepada mahasiswanya dan memberikan kepercayan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Blora khusnya Kabupaten Blora yang di tempatkan sebagai tempat Program Kampus Mengajar angkatan ke 7. Mudah-mudahan ini semua bisa memberikan manfaat dan memajukan masyarakat Kabupaten Blora.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*