Bimbingan Teknis Kurikulum Merdeka Jenjang SMP Tahun 2024

DISDIK-Kurikulum Merdeka adalah cara pelaksanaan, penerapan dan cara penyampaian kurikulum pendidikan terhadap siswa didik di lingkungan satuan pendidikan. Kurikulum adalah perangkat pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh satuan pendidikan dengan maksud dan tujuan tertentu sesuai dengan sistem pendidikan yang dilaksanakan secara menyeluruh.

Kurikulum Merdeka merupakan program pemerintah untuk sekolah sebagai salah satu upaya pemerintah guna memulihkan pembelajaran dan meningkatkan kualitas pendidikan pasca terjadinya Covid 19 di Indonesia.

Kasi Pembinaan SMP, Dian Ahmad Kindarto,S.Pd.SD,M.Pd menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakan Bimbingan Teknis Kurikulum Merdeka Jenjang SMP Tahun 2024 agar peserta Bimtek bisa mengembangkan dan mengelola kurikulum pelajaran sesuai karakteristik satuan pendidikan dan peserta didiknya.

“Kegiatan Bimbingan Teknis Kurikulum Merdeka Jenjang SMP Tahun 2024 berlangsung mulai tanggal 19 hingga 24 Februari 2024 yang diikuti guru SMP Negeri maupun SMP Swasta se Kabupaten Blora sejumlah 102 guru Prakarya/Seni Budaya, 102 Guru Bahasa Jawa, 102 guru PJOK, 102 guru Informatika, 102 guru BK, 102 guru PAI, total 612 guru,” tegas Dian.

Pada kesempatan tersebut, Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Titik Umiyati,S.Pd.,M.Si menyampaikan terkait pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan murid. Titik menyampaikan bahwa betapa luas keberagaman murid-murid Kita, sehingga perlu berpikir bagaimana caranya agar dapat menyediakan layanan pendidikan yang memungkinkan semua murid mempunyai kesempatan dan pilihan untuk mengakses apa yang diajarkan secara efektif sesuai dengan kebutuhan mereka.

“Guru adalah kunci keberhasilan dari capaian pembelajaran. Sebagai seorang guru harus meyakini bahwa (1) semua murid Kita bisa berhasil dan sukses dalam pembelajarannya, (2) Fairness is not sameness, bahwa bersikap adil itu bukan bearti menyamaratakan perlakuan kepada semua murid, (3) Setiap murid memiliki pola belajarnya sendiri yang unik, dan (4) Guru adalah kunci dari keberhasilan pengembangan program pembelajaran murid-murid di sekolah,” tegas Titik.

Adapun bertindak sebagai Narasumber yaitu Titik Umiyati,S.Pd,M.Si (Dinas Pendidikan Kabupaten Blora), Suhartutik,S.Pd.,M.Pd,(Pengawas SMP), Tri Handayani,S.Pd.,M.Pd (Kepala SMPN 2 Blora), Dra. Sri Pertiwi, M.Pd (Kepala SMPN 3 Cepu), Wiwik Sulistyowati, S.Pd.,M.

Pembekalan ini dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Blora Tahun 2024 Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar, Seksi Pembinaan SMP.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*