Audiensi Pelaksanaan Program Sekolah Sisan Ngaji (SSN)

DISDIK-Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Sunaryo,S.Pd.,M.Si pimpin Audiensi Pelaksanaan Program Sekolah Sisan Ngaji (SSN) didampingi Sekretaris Dinas Nuril Huda,SP.,MM dan Ketua TP2D Kabupaten Blora di Aula C Dinas setempat, Rabu (13/3/2024).

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Sunaryo,S.Pd.,M.Si menyampaikan bahwa untuk Pendidik khusus PAUD Kami lebih memanfaatkan guru di masing-masing sekolah PAUD. Untuk SD ada guru agama yang ada di sekolah tersebut. Sedangkan SMP disamping guru PAI di SMP tersebut, juga di madin.

“Konsep Sekolah Sisan Ngaji kontennya guru-gurunya masing-masing jenjang sudah menyusun dan bisa dipaparkan sebelum Kami meminta masukan dari Tim TP2D dan konsep ini bisa terlaksana. Nanti Kita akan evaluasi secara bertahap. Semoga bisa berjalan seperti yang Kita harapkan dan Kami laksanakan di tahun ajaran baru,” tegas Sunaryo.

Selanjutnya, Sekretaris Dinas Nuril Huda,S.P.,M.M berharap semua sekolah bisa melaksanakan dengan konsep dan pola-pola menyesuaikan di masing-masing sekolah. Sehingga muncul gagasan untuk studi tiru ke Blitar yang kebetulan melaksanakan Sekolah Sak Ngajine.

“Kegiatan ini konsepnya sederhana. Di PAUD tidak terlalu banyak permasalahan karena di PAUD pembiasaan-pembiasaan mengajinya rata-rata berjalan, yang menjadi permasalahan di SD. Ini menjadi kebijakan semangat teman-teman bagaimana Kita juga bisa memberikan apa yang menjadi permintaan masyarakat,” tegas Nuril.

Selain itu Nuril berharap anak-anak lulusan SD hafal Juz’ama. Untuk yang SMP minimal sholatnya sudah benar, dan dzikirnya, sudah berani menjadi imam di lingkungannya. Diharapkan Sekolah Sisan Ngaji ini dilaksanakan di pagi hari sehingga anak-anak itu penerimaannya bisa lebih fresh.

“Harapan Kita hal-hal kecil yang Kita lakukan itu kaitannya dengan ini kecil, tapi terus-menerus berkelanjutan. Kaitannya dengan proses, regulasi seperti yang disampaikan Bapak Kadinas nanti Kita fixnya setelah Tahun Pelajaran baru. Kita butuh gerak cepat, rundown besok pagi (14/3/2024) FGD dengan stake holder termask dengan TPQ dan Kemenag ini terkait dengan ketenagaan,” tambahnya.

Hadir dalam acara Audiensi tersebut Ketua TP2D Kabupaten Blora beserta anggota, Pengawas SMP, Kepala SMPN 2 Blora, Ketua MKKS SMP, Pejabat Struktural Dinas Pendidikan Kabupaten Blora,Tim Penyusun Materi Sekolah Sisan Ngaji Jenjang PAUD, SD dan SMP.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*