Pendampingan Perencanaan Daerah Tahap II Oleh BBPMP Provinsi Jawa Tengah

DISDIK-Pendampingan Perencanaan Daerah Tahap II oleh Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Tengah yang dipimpin oleh Plh. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Irfan Agustian Iswandaru,AP.,M.Si bertempat di Aula C, Rabu (10/7/2024).

Heri Martono sebagai narasumber dari BBPMP Provinsi Jawa Tengah menyampaikan bahwa ini adalah tindaklanjut dari pendampingan tahap 1 pada bulan yang lalu dimana ini akan dilakukan secara berkelanjutan oleh BBPMP Provinsi Jawa Tengah sebagai upaya untuk peningkatan SPM Kabupaten Blora tahun 2024.

Kegiatan ini melibatkan OPD dari BPPKAD Kabupaten Blora, Inspektorat Kabupaten Blora, Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, dari dari Setda bagian Pemerintahan. Diharapkan nantinya bisa menunjang posisi Perencanaan di SIPD Kabupaten Blora tahun 2025.

“Dari 78 Sub Indikator yang ada di SIPD, untuk Kabupaten Blora baru 47%, 37 Sub Indikator yang terisi. Harapan kami dari kegiatan ini bisa meningkat karena kita masih proses, masih ada waktu untuk meningkatkan minimal 50%, syukur 80%-90% sehingga menaikkan SPM”, tegas Heri.

Selanjutnya, Irfan selaku Plh. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora menyampaikan bahwa Pendampingan Perencanaan di tahap ke-2 ini sangat membutuhkan dukungan dari OPD terkait.

“Target untuk penilaian di bidang pendidikan terkait dengan SPM dan beberapa hal lainnya tidak bisa dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Blora saja, karena terkait Tata Kelola Pendidikan ini melibatkan mulai dari Perencanaan (Bappeda), Pelaksanaan (Dinas Pendidikan Kabupaten Blora), Pencairan (BPPKAD Kabupaten Blora), Audit Kinerja (Inspektorat), SPM ( Bagian Pemerintahan Setda Blora). Terima kasih telah menganggap arti penting pendampingan perencanaan ini menjadi kunci apabila Kabupaten Blora ining meningkatkan penilaian. Pemenuhan Sub Indikator kitasejatinya sudah baik ditandai ada peningkatan dibanding tahun lalu. Memang untuk syarat minimalnya itu 50%,kita masih menyisakan sekitar 3 sub indikator.Kami mohon dukungannya untuk bisa memenuhi ini. Kita butuh pendampingan dari BBPMP Provinsi Jawa Tengah sehingga apa yang kita harapkan terutama di Kabupaten Blora bisa kita cukupi,” tegas Irfan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*