Bimbingan Teknis Proktor dan Teknisi Asesmen Nasional Jenjang SMP Tahun 2024

DISDIK-Dinas Pendidikan Kabupaten Blora melalui Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Proktor dan Teknisi Asesmen Nasional Jenjang SMP Tahun 2024 bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Blora.

Dikatakannya, Kasi Pembinaan SMP, Dian Ahmad Kindarto, S.Pd.SD.,M.Pd menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya Bimbingan Teknis Proktor dan Teknisi Asesmen Nasional Jenjang SMP Tahun 2024 tingkat Kabupaten Blora untuk membekali Proktor dari sisi terkait alur persiapan hingga pelaksanaan ANBK serta memberikan informasi terkait tugas dan tanggung jawab Proktor dan Teknisi dalam pelaksanaan ANBK. Selain itu juga untuk Advokasi dan penguatan teknis pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Adapun Peserta bimtek terdiri dari 102 Proktor dan 102 teknisi yang diselenggarakan mulai tanggal 25 hingga 27 Juli 2024 bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Blora.

Selanjutnya, Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar, Drs. Slamet Dwi Cahyono,M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan Bimbingan Teknis Proktor dan Teknisi untuk persiapan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Kegiatan Bimtek ini untuk memberikan bekal awal Bapak/Ibu Proktor dan Teknisi bekal awal.

“Kami mohon untuk bisa diikuti dengan baik, karena pembekalan ini modal awal dan modal dasar Bapak/ibu dalam hal melaksanakan kegiatan di jenjang satuan Bapak/Ibu masing-masing. Ketika sudah mendapat bekal nanti diharapkan kesulitan apapun yang ada di satuan pendidikan langsung bisa untuk mengantisipasi sebelum dilaporkan ke jenjang. Maka Bapak/Ibu harus ada kerja sama yang baik antara Teknisi dan Proktor,” tegasnya.

Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar, Drs. Slamet Dwi Cahyono,M.Pd juga menyampaikan bahwa teknisi akan mengawasi membantu Proktor dalam persiapan awal. Pada saat pelaksanaan kegiatan, Proktor yang akan langsung mengeksekusi. Apabila sekolah Laptop/Komputernya terbatas bisa diselengarakan di beberapa tempat. Oleh karena itu yang diundang tidak semuanya, tugas bagi yang berangkat mengedukasi memberikan info selanjutnya kepada teman-teman Proktor yang lain.

Pada kesempatan tersebut ditandaskan pula berdasarkan hasil review Asesment tahun 2023 jenjang SMP ada peningkatan baik nilai literasi, maupun numerasi yang menunjukkan bahwa sekolah/satuan pendidikan jenjang SMP sudah mempersiapkan dengan baik.

Oleh karena itu, setelah Bimbingan Teknis ini dilaporkan kepada Bapak/Ibu terutama sekolah agar Kepala Sekolah juga akan memberikan bekal terkait literasi dan numerasi.

Perlu diketahui bahwa ANBK tidak semua siswa mengikuti by name dari Kementrian Pendidikan, maka sedikitatau banyak siswa ada upaya untuk meningkatkan bahwa literasi numerasi Kabupaten Blora terus membaik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*