Rapat Penandatanganan Pakta Integritas dan Persiapan Asesemen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Jenjang SMP Tahun 2024

DISDIK-Dalam upaya memastikan pelaksanaan ANBK Jenjang SMP Tingkat Kabupaten Blora tahun 2024 sesuai Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan, meningkatkan kualitas, kredibilitas, akuntabilitas, kejujuran, tanggung jawab serta menjaga keamanan dan kerahasiaan dalam pelaksanaan asesmen berbasis komputer, sebuah langkah penting telah diambil Dinas Pendidikan Kabupaten Blora.

Sejumlah 102 Kepala SMP penyelenggara Asesmen Nasional (AN) secara resmi menandatangani “Pakta Integritas” Penyelenggaraan ANBK Jenjang SMP Tingkat Kabupaten Blora tahun 2024 bertempat di Aula B Dinas Pendidikan Kabupaten Blora dibuka oleh Kepala Dinas, Sunaryo,S.Pd.,M.Si, Jum’at (23/8/2024).

Penandatanganan Pakta Integritas Asesmen Nasional Tahun 2024 jenjang SMP tingkat Kabupaten Blora ini menjadi simbol komitmen Kepala SMP penyelenggara Asesmen Nasional untuk melaksanakan sesuai Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan dalam setiap tahap asesmen berbasis komputer. 

Kasi Pembinaan SMP, Dian Ahmad Kindarto,S.Pd.SD.,M.Pd dalam laporannya kegiatan ini bertujuan untuk melakukan koordinasi, persiapan, pelaksanaan Asesmen Nasional Jenjang SMP Tahun 2024 serta penandatanganan Pakta Integritas Asesmen Nasional Tahun 2024 yang berjumlah 102 Kepala SMP Penyelenggara Asesmen Nasional. Kegiatan ini dibebankan pada DPA Dinas Pendidikan Kabupaten Blora.

Selanjutnya, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Sunaryo,S.Pd.,M.Si menyampaikan bahwa ANBK termasuk produk yang menarik tahun 2021 karena menggantikan Ujian Nasional dengan segala kekuatannya. ANBK dengan sitem daring dengan beragam kemudahan untuk menganalisis.

“ANBK bisa mengukur perbaikan mutu dan hasil belajar, sehingga dari sana tampak sekolah-sekolahmutu, kualitasnya. Karena ini, benar-benar teruji, juga untuk pengembangan pembelajaran dan mengurangi kesenjangan sistem pendidikan. Jadi nanti kita akan mengetahui perkembangan pembelajaran di sekolah. Ada pula Survei Lingkungan Belajar, yaitu survei untuk mengetahui proses atau unsur-unsur lingkungan yang mempengaruhi proses belajar anak. Itu sangat berpengaruh, mulai dari ketersediaan Sarpras, dukungan stake holder, dan unsur-unsur yang lain yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi proses pembelajaran, ungkap Sunaryo.

Selanjutnya, dengan ANBK bisa diketahui, bahkan Raport Pendidikan nanti menjadi dasar untuk mengatahui Raport Pendidikan kita baik untuk Satuan Pendidikan maupun Pemkab Blora. Juga pengembangan karakter dan kompetensi siswa, mengembangkan kognitif siswa sekaligus karakter secara utuh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*