Rekon Aset dan Persediaan Semester 1 Tahun 2024

DISDIK-Dalam rangka menciptakan tertib administrasi pengelolaan Barang Milik Daerah dan Penyusunan Laporan Keuangan yang akuntabel khususnya terkait dengan pengelolaan barang pakai habis, Dinas Pendidikan Kabupaten Blora melalui Bidang Sarana dan Prasarana (Sarpras) menyelenggarakan Rekon Aset dan Persediaan Semester 1 Tahun 2024 yang dibuka oleh Kabid Sarpras, Sandy Tresna Hadi,S.T.,M.M didampingi Kasi Sarpras SD Abdul Mufid,S.E.,M.M dan Kasi Sarpras SMP Catur Januarti,S.T di Aula C, Senin (9/9/2024).

Dalam sambutannya, Sandy mengatakan Rekon Aset dan Persediaan Semester 1 Tahun 2024 dilaksanakan untukmenciptakan tertib administrasi pengelolaan Barang Milik Daerah dan penyusunan laporan keuangan yang akuntabel terkait data belanja persediaan dan belanja modal yang dilakukan oleh sekolah yang bersumber dari belanja BOS dan sumber pendapatan lainnya yang sah.

“Rekon Aset dan Persediaan dilaksanakan minimal masing-masing dua kali dalam setahun. Rekon Aset (Persediaan) dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan data Persediaan secaraperiodik tiap Triwulan. Sedangkan untuk Rekon Aset (Belanja Modal) dilaksanakanuntuk memenuhi kebutuhan data Belanja Modal tiap semester,” ungkapnya.

Sandy juga menyampaikan Kegiatan Rekon Aset dilaksanakan untuk memperoleh data yang valid terhadap pencatatan aset lancar (persediaan) dan aset tetap (inventaris). Pencatatan aset lancar (persediaan) dituangkan dalam Berita Acara Pemeriksaan Persediaan dan Stok Opname Persediaan, sedangkan aset tetap yang dituangkan dalam Berita Acara Rekon dan dicatat pada KIB (Kartu Inventasi Barang) menggunakan Aplikasi SimASET.

Untuk pelaksanaan kegiatan kali ini diawali dengan mengundang Operator Aset SMP Negeri se Kabupaten Blora di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Blora dan dilanjutkan mengundang Operator Aset SD Negeri se-Kabupaten Blora yang pelaksanaan kegiatannya dilaksanakan di masing-masing Korwil Bidang Pendidikan hingga tanggal 2 Oktober 2024.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*