Kepala Dinas Pendidikan Blora Melaksanakan Kunjungan Studi Tiru Bersama SMPN 1 Cepu ke SMPN 3 Bantul

DISDIK-Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Sunaryo,S.Pd.,M.Si bersama Rombongan dari SMPN 1 Cepu melaksanakan studi tiru dalam bidang literasi dan pengelolaan perpustakaan. Kunjungan studi tiru berlangsung pada Kamis, 12 September 2024 dipimpin Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Sunaryo,S.Pd.,M.Si dan Kepala SMPN 1 Cepu Wiwik Sulistyowati,S.Pd.,M.A. Kegiatan studi tiru ini bertujuan untuk mempelajari lebih dalam tentang praktik terbaik yang diterapkan SMPN 3 Bantul dalam membangun budaya literasi dan pengelolaan perpustakaan yang telah diakui melalui berbagai prestasi, termasuk akreditasi A yang diraih Perpustakaan “Widya Pustaka” SMPN 3 Bantul.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Sunaryo,S.Pd.,M.Si mengungkapkan kekagumannya terhadap inovasi literasi yang diterapkan di SMPN 3 Bantul.

“Kami sangat terinspirasi literasi diintegrasikan ke dalam sudut sekolah. Pendekatan kreatif sepertiini sangat relevan untuk diterapkan di sekolah-sekolah kami diBlora,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala SMPN 1 Cepu, SMPN 3 Bantul menunjukkan bahwa literasi tidak hanya soal membaca buku, tetapi jugamenciptakan lingkungan yang kaya teks, kreatif, dan menyenangkan.Kami akan berusaha menerapkan inisiatif yang kami pelajari,” ungkapnya.

Acara ini diakhiri dengan sesi diskusi dan tanya jawab dari SMPN 1 Cepu dan pengelola literasi serta perpustakaan SMPN 3 Bantul yang menghasilkan banyak ide segar untukmeningkatkan program literasi di masing-masing sekolah. Diharapkan dengan kunjungan ini, SMPN 3 Bantulsemakin mengukuhkan posisinya sebagai sekolah percontohan dalampengelolaan literasi dan perpustakaan, serta menjadi pusat studi tiru dari berbagai sekolah di Indonesia. Kepala SMPN 3 Bantul, Joko Sulistya,menutup kegiatan dengan harapan bahwa kolaborasi antara sekolah-sekolah ini akan terus terjalin untuk bersama-sama memajukan pendidikan di Indonesia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*